Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembuatan Serbuk Minuman Herbal Siap Seduh dari Tanaman Obat Berkhasiat Sebagai Hepatorepair di Desa Wiring Tasi Kecamatan Suppa

Authors

  • Aztriana . Universitas Muslim Indonesia, Indonesia
  • Vina Purnamasari Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia, Indonesia
  • Iskandar Zulkarnain Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia
  • A . Hasrawati Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i1.2395

Abstract

Kerusakan pada hati dapat disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya obat, infeksi, alkohol, autoimun, atau hepatitis. Penyakit Hepatitis merupakan masalah kesehatan masyarakat di negara berkembang seperti Indonesia tak terkecuali Kabupaten Pinrang. Bahkan indonesia merupakan negara dengan endemisitas tinggi Hepatitis B terbesar kedua di negara South East Asian Region (SEAR) setelah Nyanmar. Penularannya melalui facel oral, yang biasanya berhubungan dengan prilaku hidup sehat, juga dapat melalui parenteral dan menimbulkan cirrohsis hingga kanker hati, sementara pengobatan hepar dianggap cukup mahal oleh masyarakat sehingga beralih ke pengobatan tradisional yang lebih murah dan efektif namun masih kurang pengetahuan tentang tanaman berkhasiat di desa tersebut. Melimpahnya tanaman obat di desa tersebut melatarbelakangi kami untuk memberdayakan, mengedukasi dan melatih masyarakat setempat untuk memanfaatkan tanaman herbal menjadi minuman herbal siap seduh yang memiliki khasiat sebagai hepatorepair. Dalam kegiatan ini dilakukan dengan beberapa tahapan  edukasi tentang pemanfaatan tanaman herbal di daerah sekitar yang memiliki khasiat pengobatan terutama sebagai hepatorepair serta pelatihan pembuatan serbuk minuman herbal siap seduh yang memudahkan penggunaan oleh masyarakat, dan tentunya memiliki peluang ekonomis bagi masyarakat di desa tersebut.

References

Harahap, BM, 2020 Pemodelan Dan Simulasi Proses Produksi Minuman Siap Seduh Sari Temulawak Menggunakan Simulator Superpro Designer, Jurnal Industri Pertanian UNPAD.

Mustakim, Syamsinar, 2021, Ragam Pembuatan Olahan Bubuk Instan Temulawak Untuk Produk Herbal Desa Rossoan, Maspul Journal Of Community Empowerment, Universitas Muhammadiyah Enrekang.

Afifah,E, Tim Lentere, 2003, Khasiat dan manfaat Temulwak rimpang penyembuh aneka penyakit PT.Agro media Pustaka Jakarta.

Sukmawati W, Merina, 2019, Pelatihan Pembuatan Minuman Herbal Instan Untuk Meningkatkan Ekonomi Warga, Jurnal PKM UNIMED, Jakarta.

Permata, D.A., Sayuti, K.,2016. Pembuatan Minuman Serbuk Instan Dari Berbagai Bagian Tanaman Meniran (Phyllanthus niruri). J. Teknol. Pertan. Andalas 20, 44–49

Published

2023-07-12

Issue

Section

Article

Citation Check