Pelatihan Kegiatan Speaking Menggunakan Media Tongue Twister dan Kiat Menjadi Pengusaha Muda Sukses dengan Kemampuan Berbahasa Inggris Terhadap Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Authors

  • Elda Yulia Ryandini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) IBMT Surabaya, Indonesia
  • Anis Fitriyasari STIE IBMT SURABAYA, Indonesia
  • Bunga Okta Mutiara Prihandini STIE IBMT SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i1.2392

Keywords:

speaking, tongue twister, pengusaha muda, bahasa Inggris

Abstract

Kemampuan berbahasa Inggris dibutuhkan di berbagai aspek. Kemampuan berbahasa Inggris menjadi hal penting untuk semua kalangan terutama siswa untuk berbagai keperluan di masa mendatang karena bahasa Inggris telah menjadi bahasa kedua di dunia untuk berkomunikasi. Komunikasi harus dilatih agar dapat berinteraksi dengan baik termasuk dalam hal pelafalan. Selain itu, untuk mengurangi jumlah pengangguran, siswa lulusan SMK harus dibekali pengetahuan dan keterampilan berwirausaha. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melatih pelafalan kosa kata bahasa Inggris siswa SMK Wachid Hasyim 2 Surabaya dengan tepat menggunakan media tongue twister dan memberikan pemahaman dan praktik mengenaik kiat sukses menjadi pengusaha muda sukses dengan kemampuan berbahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa SMK dalam pelafalan menggunakan media tongue twister adalah pada pelafalan kata yang menggunakan huruf th huruf p, dan huruf ch. Siswa SMK juga belajar percaya diri dalam mempersiapkan dan meyakinkan diri untuk memulai berwirausaha sambil bekerja setelah lulus sekolah. Secara keseluruhan, siswa SMK menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat menarik, menyenangkan, tidak membosankan, dan dapat membantu mereka mempelajari pelafalan bahasa Inggris dengan tepat.

Kata kunci: speaking, tongue twister, pengusaha muda, bahasa Inggris

Author Biography

Elda Yulia Ryandini, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) IBMT Surabaya

English Education Lecturer of Management Department

References

Efriyanti, F. (2021). MEMBANGUN USAHA MANDIRI. 21.

Firmansyah, D. B., Budi Utami, S. M., Dhyaningrum, A., Pascarina, H., & Subuhi, I. (2021). Pelatihan English Speaking Skill Untuk Siswa-Siswi MTS N 8 Kebumen: Merawat Kreativitas Selama Pandemi Covid. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Bina Darma, 1(2), 119–131. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v1i2.1411

Furyanah, A., Rinady, D. H., Al Fairus, D., Marlina, F., Dewi, F. C., & Sapitri, M. (2021). MENINGKATKAN SEMANGAT UNTUK MENJADI WIRAUSAHA. 1(1), 6.

Hasimu, L., & Irmawan, A. (2022). MEMBANGUN JIWA KEWIRAUSAHAAN DI ERA INDUSTRI 4.0 BAGI MAHASISWA INSTITUT TEHNOLOGI DAN BISNIS MUHAMMADIYAH WAKATOBI PROGRAM STUDI TEHNOLOGI INFORMASI. 01, 6.

Narsih, D., Rizkiyah, N., & Wahjuningtijas, R. (2022). PELATIHAN PUBLIC SPEAKING DALAM MENINGKATKAN SOFT SKILL REMAJA MASJID AL HADAD SAWANGAN DEPOK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5.

Roinah. (2022). PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS PADA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN DI MASA PANDEMI COVID-19. 1(12), 10.

Taqiuddin, H. U., & Mulianah, B. (2022). PELATIHAN WIRA USAHA PEMUDA. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2, 7.

Vernia, D. M., Suprapto, H. A., & Supandi, A. (2018). Penyuluhan Pentingnya Minat Kewirausahaan Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa Smk Insan Mulia dan SMP Azzuhriyah Kota Bekasi. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 54. https://doi.org/10.31100/matappa.v1i2.103

Yuniar, Y., Pahlevi, M. R., & Hoerniasih, N. (2021). The Role of Tongue Twister to Improve the Students’ Speaking Skill. 8(2), 11. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikanbahasa.v8i2.1336

Published

2023-07-22

Issue

Section

Article

Citation Check