Pengoptimalan Potensi Alam Desa Melalui Penataan Taman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Pengolahan Wedang Uwuh

Authors

  • Fitriana Putri Utami Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Ratu Matahari Universittas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Azis Ikhsanudin Universittas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v8i2.227

Keywords:

Bina keluarga lansia, Tanaman obat keluarga, Wedang uwuh

Abstract

Peningkatan Usia Harapan Hidup (UHH) di Indonesia merupakan cerminan dari peningkatan derajat kesehatan masyarakat akan tetapi jika tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan permasalahan social bagi orang dengan lanjut usia (lansia) akibat rendahnya produktifitas mereka. Salah satu cara peningkatan produktifitas lansia adalah dengan kegiatan pemberdayaan yang melibatkan keluarga lansia. Bentuk pemberdayaan yang mudah dilakukaan adalah dengan memanfaatkan potensi alam disekitar tempat tinggal lansia yaitu dalam bentuk tanaman obat keluarga (TOGA) dan pengolahan wedang uwuh yang bahan bakunya dapat diperoleh dari TOGA serta berpeluang untuk meningkatkan perekonomian keluarga lansia. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah aktif partisipatif keluarga lansia dari tiga dusun di Desa Sendangsari didampingi oleh 27 mahasiswa KKNPPM Universitas Ahmad Dahlan. Kegiatan dilaksanakan dengan menggunakan peralatan rumah tangga secara swadaya. Hasil yang didapat dari kegiatan ini adalah terbentuknya taman TOGA di Dusun Parakan Wetan, Parakan Kulon dan Plembon Desa Sendangsari serta keberhasilan peserta dalam mengolah bahan baku wedang uwuh menjadi wedang uwuh berbentuk sirup dan bubuk instan. Pengembangan taman TOGA dan olahan wedang uwuh merupakaan wujud dari himbauan Kementerian Kesehatan terkait pemanfaatan sumber daya alam Indonesia secara berkelanjutan untuk digunakan sebagai obat tradisional demi peningkatan pelayanan kesehatan dan ekonomi. 

 

Author Biographies

Fitriana Putri Utami, Universitas Ahmad Dahlan

Fakultas Kesehatan Masyarakat

Ratu Matahari, Universittas Ahmad Dahlan

Fakultas Kesehatan Masyarakat

Azis Ikhsanudin, Universittas Ahmad Dahlan

Fakultas Farmasi

References

Aditama, Tjandra Yoga. 2014. Jamu dan Kesehatan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Dinkes,2014. Profil Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Tahun 2015. Dinkes Kota Yogyakarta: Yogyakarta

Kemenkes, 2013. Gambaran Kesehatan Lanjut Usia di Indonesia. Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan.

Mindarti, Susi; Nurbaeti Bebet. 2015. Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Bandung: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Barat.

Munawaroh, Siti. 2014. Wedang Uwuh sebagai Ikon Kuliner Khas Imogiri Bantul. Jurnal Sejarah dan Budaya, Vol. 9(1): 69-79.

Rahmawati, Fitri. 2011. Kajian Potensi “Wedang Uwuh” sebagai Minuman Fungsional. Seminar Nasional 2011 “Wonderfull Indonesia”, Universitas Negeri Yogyakarta.

Widyaningsih et,al. 2014. Pelatihan Pemberdayaan Keterampilan Bagi Kader Bina Keluarga Balita (BKB) dan Bina Keluarga Lansia (BKL). Jurnal UNY. Yogyakarta

Published

2018-12-26

Citation Check