Pelatihan Penggunaan Perangkat Uji Tanah Sawah Pada Sekolah Lapang Kabupaten Pasaman Barat

Authors

  • Lilian Safitri Balai Pelatihan Pertanian Jambi
  • Emni Salvia Putri Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i1.2186

Keywords:

Pelatihan, Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS), Pasaman Barat, Sekolah Lapang

Abstract

Untuk meningkatkan produksi pangan, Kementerian Pertanian melalui berbagai program melakukan kegiatan yang dapat mendukung usahatani sehingga meningkatkan ketahanan pangan. Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu wilayah yang terus berupaya meningkatkan produksi tanaman terutama padi, diantaranya Kabupaten Pasaman Barat. Dalam upaya tersebut, Kementerian Pertanian memberikan alat berupa perangkat uji tanah kepada petugas lapangan untuk dapat diaplikasikan di lapangan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan menenai penggunaan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS) bagi petani di Desa Tanjung Durian Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat.  Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pemberian materi serta praktek di lapangan. Selain itu juga dilakukan sesi tanya jawab terkait masalah yang ditemukan petani di lapangan. Dari hasil kegiatan dapat disimpulkan bahwa petani sangat antusias selama kegiatan baik dalam penerimaan materi maupun praktek langsung.

References

Al-Jabri, M. (2013). Teknologi Uji Tanah Untuk Penyusunan Rekomendasi Pemupukan Berimbang Tanaman Padi Sawah. Jurnal Pengembangan Inovasi Pertanian Vol. 6 No. 1, 11-13 hal.

Astuti, Sri. (2012). Sekolah Lapang. http://sriastuti-penyuluh.blogspot.co.id (Diakses pada: 28 Agustus 2022).

Balai Penelitian Tanah. (2004). Petunjuk Penggunaan Perangkat Uji Tanah Sawah Versi 1.0. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian. Bogor.

BPS Kabupaten Pasaman. (2022). Luas panen, produksi, dan produktivitas Padi Hasil Kerangka Sampel Area (KSA) tahun 2019-2021. https://pasamankab.bps.go.id/indicator/ 53/199/1/luas-panen-produksi-dan-produktivitas-padi-hasil-kerangka-sampel-area-ksa-.html

Hardjowogeno, S. (2004). Ilmu Tanah. IPB Press. Bogor.

Patti, P. S., Kaya, E., dan Silahooy, CH. (2013). Analisis Status Nitrogen Tanah Dalam Kaitannya Dengan Serapan N Oleh Tanaman Padi Sawah di Desa Waimital, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat. Jurnal Agrologia, Vol. 2 No. 1 51-58 hal.

Pinatih, I. D. A. S. P., Kusmiyarti, T. B., dan Susila, K.D. (2015). Evaluasi Status Kesuburan Tanah Pada Lahan Pertanian di Kecamatan Denpasar Selatan. E-Jurnal Agroekoteknologi Tropika. Vol. 4 No. 4. 282 – 292 hal.

Sujitno, E., Kurnia, dan Fahmi, T. (2014). Penggunaan Berbagai Pupuk Organik Pada Tanaman Padi di Lahan Sawah Irigasi. Prosiding Seminar Nasional Pertanian Organik. 18-19 Juni 2014. Bogor, 201-216.

Published

2023-07-12

Issue

Section

Article

Citation Check