Peran Gerakan Revolusi Mental Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Desa Terhadap Literasi dan Inklusi Keuangan

Authors

  • Husaeri Priatna Universitas Bale Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v12i2.2181

Keywords:

revolusi mental, kesadaran masyarakan desa, literasi dan inklusi keuangan

Abstract

Pelaksanaan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini dalam rangka membantu program pemerintah untuk mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Berdasarkan hal tersebut kami memberikan penyuluhan mengenai pentingnya sinergitas antara literasi dan inklusi keuangan, sehingga masyarakat menyadari terhadap pentingnya berinvestasi atau saving walaupun tidak berjumlah besar. Sehubungan dengan hal tersebut kami memberikan penyuluhan kepada masyarakat Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung yang rata-rata berprofesi sebagai petani, buruh serta pedagang. Penyuluhan dilaksanakan sebelum masa pandemi Covid-19 yaitu pada hari Sabtu Tanggal 24 Agustus 2019 dengan pemberian materi tentang manajemen keuangan khususnya bagaimana dari penghasilan yang diperoleh dapat disisihkan untuk diinvestasikan atau disimpan di bank maupun koperasi dengan tujuan agar masyarakat terhindar dari kebiasaan meminjam uang ke rentenir apabila membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhannya seperti membeli barang/peralatan rumah tangga, biaya sekolah anak, modal usaha dan sebagainya. Kegiatan ini dibantu oleh beberapa mahasiswa/i dari Fakultas Ekonomi Universitas Bale Bandung dan dihadiri kurang lebih berjumlah 80 orang yang dilaksanakan di balai RW serta dihadiri pula oleh beberapa Ketua RT dan RW setempat.

References

Buku Saku Ototitas Jasa Keuangan (Seri Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia),. 2013.

Farah dan Siti May Sari. 2015. Faktor Penentu Tingkat Literasi. Keuangan Para Pengguna Kartu Kredit di Indonesia.

Franklin Allen, Asli Demirguc-Kunt, Leora Klaper and Maria Soledad Martinez Peria,

The Foundations of Financial Inclusion: Understanding Ownership and Use of Formal Accounts (Journal of Financial Intermediation, 27, 2016), 1-30.

Franklin Allen, Asli Demirguc-Kunt, Leora Klaper and Maria Soledad Martinez Peria, 2016. The foundations of financial inclusion: Understanding ownership and use of formal accounts.

Peterson K. Ozili, Theories of Financial Inclusion. (Munich Personal RePEc Archive

Paper, 2020) 1-23.

World Bank, Global Financial Development Report 2014 : Financial Inclusion.

(Washington : International Bank for Reconstructiom and Development, 2014), 15.

Published

2022-12-06

Citation Check