Implementasi Keilmuan Teknik Bangunan dalam Kegiatan Pendampingan Perencanaan Asrama Pondok Pesantren Tradisional

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v13i1.2152

Keywords:

asrama, bangunan, desain, pengabdian

Abstract

Peran pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan non formal dalam pembangunan sumber daya manusia di Indonesia telah terbukti sejak lama. Bergaungnya kebutuhan Pendidikan karakter dan revolusi mental menjadikan minat masyarakat untuk belajar di pondok pesantren terus meningkat. Hal itu ditunjukkan dengan terus bertambahnya institusi pondok pesantren maupun jumlah santri yang belajar di pondok pesantren. Pertumbuhan minat belajar di pondok pesantren perlu diikuti dengan pemenuhan kebutuhan akan sarana dan prasarana pondok yang mencukupi. Pembiayaan pembangunan pondok pesantren dapat berasal dari pemerintah melalui hibah, ataupun dari donasi masyarakat umum. Agar proses pembangunan berjalan lancar dan juga tepat sesuai kebutuhan, maka diperlukan adanya dokumen perencanaan pembangunan yang baik dan benar. Oleh karena itu tim Pengabdian dari Pendidikan Teknik Bangunan terpanggil untuk menerapkan keilmuan yang dimiliki dengan melaksanakan program kegiatan Pengabdian pada Masyarakat berupa pendampingan perencanaan bangunan untuk membantu mitra pengelola pondok pesantren Cengkir Kuning yang berlokasi di Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah. Bentuk kegiatan mulai dari survey lokasi dan analisis kebutuhan ruang, pembuatan desain awal, pembuatan gambar final desain beserta detail strukturnya, dan perhitungan rencana anggaran biaya beserta penjadwalan proyek. Kegiatan Pengabdian berlangsung dari bulan Mei 2022 sampai dengan Juli 2022.

References

Al-Ghifari, M. (2021). Sejarah perkembangan pondok pesantren di Indonesia. Bina Qurani Islamic School.

Mahmud, S.F., Abdillah, N, Putra, S.A. (2022). Sosialisasi perencanaan bangunan sederhana tahan gempa. Jurnal Abdikarya, 4(1), 64-69

Nugraha, D. (2013). Perencanaan bangunan pendidikan bertaraf internasional di Depok. Jurnal Faktor Exacta, 6(2), 99-110.

Pdppkemenag. (2022). Statistik Data Pondok Pesantren. Kemenag.Go.Id. https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pdpp

Setiawan, F. (2020). Apa tujuan draft gambar suatu proyek konstruksi? https://indokontraktor.com/blog/apa-tujuan-draft-gambar-suatu-proyek-konstruksi. Diakses pada 15 Agustus 2022.

Siregar, A.M., Arifiani, N., Alami, F., Kurniawan, P. (2021). Bantuan teknis perencanaan bangunan masjid di kawasan hunian tetap korban bencana tsunami di desa Kunjir kabupaten Lampung Selatan. Proseding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat Teknologi dan Inovasi. Lampung, 5 Oktober 2021.

Published

2023-07-12

Issue

Section

Article

Citation Check