Pendampingan Penggunaan Asesmen Portofolio Untuk Memonitor Kemajuan Mahasiswa PPL Bagi Guru Pembimbing

Authors

  • Sukoriyanto Sukoriyanto Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v8i1.181

Keywords:

Pendampingan, portofolio, guru pembimbing PPL

Abstract

Tujuan dari kegiatan pendampingan penggunaan asesmen portofolio bagi guru pembimbing PPL ini adalah membantu guru untuk memiliki pengetahuan tertang asesmen portofolio dan dapat menerapkan asesmen portofolio untuk memonitor kemajuan mahasiswa yang sedang PPL di sekolah tempat guru mengajar. Kegiatan pendampingan ini melibatkan satu guru matematika dari MAN Gondanglegi Kabupaten Malang yang membimbing tiga mahasiswa jurusan Matematika yang sedang melaksanakan PPL. Kegiatan pendampingan dilakukan dengan cara membantu  guru merancang tugas portofolio, menyusun rubric penilaian portofolio, mengases hasil tugas mahasiswa dan memberikan umpan balik terhadap tugas yang dikerjakan mahasiswa.  Hasil dari kegiatan ini adalah guru memperoleh tambahan pengetahuan terkait dengan teori asesmen portofolio dan memperoleh tambahan kemampuan dalam pelaksanaan asesmen portofolio. Guru pembimbing PPL sudah mampu merancang tugas-tugas asesmen portofolio, mampu merancang rubrik penilaian asesmen portofolio dan memberikan asesmen berdasarkan hasil pekerjaan mahasiswa.

Author Biography

Sukoriyanto Sukoriyanto, Universitas Negeri Malang

Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Malang

References

Arifin, Z.2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Basuki, I. & Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Budimansyah, D. 2002. Model Pembelajaran dan Penilaian Portofolio. Bandung : PT Genesindo.

Hamalik, O.. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Jailani. 2012. Rancangan Model Penilaian Portofolio Di Sekolah. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. Vol. XII No. 2.

Nasution, N. & Suryanto, A. 2008. Evaluasi Pengajaran. Jakarta : Universitas Terbuka

Setiani, F. 2011. Pengembangan Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 15 No 2.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surapranata, S. & Hatta, M. 2004. Penilaian Portofolio. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zainul, A. 2001. Alternative Assessment. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published

2018-06-04

Issue

Section

Article

Citation Check