Rekayasa Pakan Kaya Nutrisi Bagi Peternak Kambing di Desa Bandungrejo Kec. Plumpang dan Desa Gesikharjo Kec. Palang, Kab. Tuban- Jawa Timur

Authors

  • Nia Nurfitria Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Kuntum Febriyantiningrum
  • Dwi Oktafitria

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v8i1.165

Keywords:

rekayasa pakan, limbah industri dan pertanian, kambing, Total Digestible Nutrient (TDN)

Abstract

Tujuan program pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dialami oleh kedua mitra yang merupakan kelompok peternak sistem penggemukan kambing, yaitu Mitra 1 kelompok “Ngembes Rejeki”, Desa Bandung Rejo, Kecamatan Plumpang dan Mitra 2 kelompok “Mekarsari”, Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah manajemen pakan. Solusi yang iberikan bagi peternak kambing adalah dengan memberikan workshop terkait pembuatan dan penggunakan rekayasa pakan kaya nutrisi yang mampu menekan biaya pengeluaran untuk pakan konsentrat serta dapat menjadikan nutrisi pakan lebih efektif dan efisien sesuai TDN kambing, selain itu juga mampu mereduksi bau tidak sedap dari limbah ternak kambing (urin dan feses). Hasil yang didapatkan setelah tahap pelaksanaan workshop adalah mitra memberikan pakan tambahan kepada kambing berupa pakan kaya nutrisi yang berasal dari limbah industri dan pertanian. Setelah dilakukan evaluasi program, biaya pakan yang dikeluarkan mitra berkurang, dengan pertambahan berat badan kambing mitra yaitu rata rata 3,12 kg/bulan dan  feses dan urin yang tidak berbau. 

References

Badriyah, N. dan Fatihah, I. N. 2011. Studi Manajemen Pakan Domba Di Peternakan Jaya Mandiri di Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Jurnal Ternak. Vol. 2 No.1: 16-21.

Dahlan, M., Wardoyo, dan Prasetyo H. 2013. Suplay Produksi Bahan Kering Jerami Kangkung Sebagai Bahan Pakan Ternak Ruminansia Di Kabupaten Lamongan (Studi Musim Tanam Mk II Tahun 2012). Jurnal Ternak. Vol. 4 No. 2: 11-21.

Data jumlah ternak domba Provinsi Jawa Timur dan jumlah daging domba Kabupaten Tuban. BPS Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur. 2017.

Kuswandi dan Amlius. 2015. Pertumbuhan Kambing lepas-Sapih yang Diberi Pakan Terbatas. Bogor : Balai Penelitian Ternak.

Luthfi, N., Lestari C.M.S., Rianto, E., dan Purnomoadi A. 2015. Evaluasi TDN dan Protein Tercerna yang Diperoleh dengan Metode Pendugaan dengan Pengukuran In Vivo pada Kambing Kacang. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. PUSLITBANGNAK: Bogor.

Prasetyo, B. A., Caribu, H., dan Widiyastuti, T. 2013. Kecernaan in-vitro Bahan Kering dan Organik Serta Konsentrasi VFA Total Pada Pakan Kambing Yang Disuplementasi Saccharomyces cerevisiae. Jurnal Ilmiah Peternakan. Vol. 1 No.1:1-9.

Wiredane. 2014. Pertambahan Berat Badan Kambing PE Betina Lepas-Sapih yang diberi Konsentrat Pada Berbagai Level Urea. Pubilikasi Ilmiah. Mataram: Universitas Mataram.

Published

2018-04-13

Issue

Section

Article

Citation Check