Peningkatan Literasi Teknologi bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor

Authors

  • Stella Talitha Universitas Pakuan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v12i1.1509

Keywords:

kompetensi pedagogi, media pembelajaran, ms. power point

Abstract

Media pembelajaran berbasis teknologi mengembangkan dan meningkatkan kapabilitas guru untuk memenuhi berbagai peran dan tanggung jawabnya yang berhubungan dengan menjadi seorang pendidik. Media pembelajaran berbasis teknologi tersebut sebaiknya memberikan ruang gerak guru pada era digital untuk merencanakan dan menyediakan pembelajaran interaktif ketika berpartisipasi di dalam komunitas atau kelompok kerja guru dan praktik secara umum dengan sesama rekan pendidik. Kompetensi pedagogi merupakan kemampuan guru yang berkenaan dengan pemahaman terhadap peserta didik dan pengelolaan pembelajaran mulai dari merencanakan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi. Kompetensi pedagogi yang hendak ditingkatkan dalam kegiatan ini adalah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. Target yang telah dicapai pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bekerja sama dengan Gugus Kecamatan Cigombong secara umum adalah meningkatnya kemampuan pedagogi guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. Target khusus yang telah dicapai dalam kegiatan ini di antaranya: (1) meningkatnya pengetahuan guru terkait media pembelajaran berbasis teknologi, (2) meningkatnya literasi teknologi guru, dan (3) meningkatnya kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran berbasis teknologi. Metode yang dilakukan, yaitu pertama kali menetapkan daerah tujuan dan mengajukan izin terkait pelaksanaan kegiatan kepada institusi yang berwenang. Selanjutnya melakukan koordinasi dengan Ketua Gugus Kecamatan Cigombong dan menyusun materi yang akan diberikan dalam pelatihan. Materi yang telah diberikan, yaitu (1) pengenalan literasi teknologi, (2) pengenalan dan praktik TIK dasar, dan (3) membuat media pembelajaran menggunakan ms. power point. Dalam tahap pelaksanaan kegiatan, metode yang tim gunakan, yaitu dengan metode ceramah, demonstrasi, diskusi, dan tugas.

References

Janawi. 2017. Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Kosasih, E. dkk. 2011. Belajar dan pembelajaran bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Majid, A. 2015. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2017. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadiman, A. S. dkk. 2012. Media pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Usman, M. U. 2016. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published

2022-06-12

Issue

Section

Article

Citation Check