Pendampingan Program Persiapan SD Plus Ar-Rahmat Kabupaten Bandung sebagai Upaya Mewujudkan Sekolah Adiwiyata di Era Kenormalan Baru

Authors

  • Dede Trie Kurniawan PGSD Kampus UPI Di Cibiru, Indonesia
  • Tin Rustini PGSD Kampus UPI Di Cibiru, Indonesia
  • Kuswanto Kuswanto PGPAUD Kampus UPI Di Cibiru, Indonesia
  • Rendi Restiana Sukardi PGSD Kampus UPI Di Cibiru, Indonesia
  • Fully Rakhmayanti PGSD Kampus UPI Di Cibiru, Indonesia
  • Sri Maryanti Pendidikan Biologi FTK UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v11i2.1315

Keywords:

Sekolah Adiwiyata, Pendidikan lingkungan Hidup, Sekolah Dasar, Kenormalan Baru

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan sebagai upaya peningkatan kemampuan dan kesiapan sekolah SD Plus Ar-Rahmat dalam mempersiapkan Sekolah Adiwiyata di era kenormalan baru. Secara rinci, tujuan pengabdian ini dapat diuraikan sebagai berikut: pertama, mengetahui persepsi guru terhadap implementasi program adiwiyata di era kenormalan baru; kedua, mengetahui kebutuhan guru dan sekolah terhadap implementasi Sekolah Adiwiyata di era kenormalan baru; ketiga, rancangan program pelatihan program Sekolah Adiwiyata untuk meningkatkan kemampuan guru sekolah dasar Plus Ar-Rahmat mengembangkan recana pembelajaran sains berbasis lingkungan di era kenormalan baru; dan yang terkahir sebagai upaya mendeskripsikan kemampuan guru sekolah dasar Plus Ar-Rahmat mengembangkan recana pembelajaran sains berbasis lingkungan di era kenormalan baru setelah mengikuti program pendapingan kesiapan Sekolah Adiwiyata. Kegiatan pengabdian ini menargetkan khalayak sasaran kepada guru-guru di SD Plus Ar-Rahmat. Serangkaian kegiatan PKM ini telah terlaksana pada bulan Maret hingga April 2021. Secara garis besar, para peserta kegiatan memberikan respons postif atas terlaksanannya kegiatan pendampingan kesiapan SD Plus Ar-Rahmat untuk menjadi Sekolah Adiwiyata di era kenormalan baru.

References

Buku Panduan Adiwiyata, Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2012, hal. 3.

Deswari, N., & Supardan, D. (2016). Upaya peningkatan environmental literacy peserta didik di sekolah adiwiyata (Studi inkuiri naturalistik di SD Negri 138 Pekanbaru). Jurnal Socius, 5(2).

Fitria, H., & Samsia, S. (2020). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 84-91.

Hidayati, N. (2013). Perilaku Warga Sekolah dalam Mengimplementasikan Program Adiwiyata (Studi di SMK Negeri 2 Semarang) (Doctoral dissertation, Program Magister Ilmu Lingkungan).

Kusmayadi, Ismail. 2008. Think Smart Bahasa Indonesia. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Martini, M. (2019). Hubungan antara Pengetahuan Lingkungan dengan Perilaku Prolingkungan Sekolah Adiwiyata (Studi Kasus Sdn 21 Taluak Kab. Agam). Rang Teknik Journal, 2(1).

Manurung, Y. L. (2011). Program Adiwiyata Dalam Pengelolaan Lingkungan Sekolah (studi kasus SDN Panggung 04 Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah) (Doctoral dissertation, Program Magister Ilmu Lingkungan).

Muslicha, A. (2015). Metode pengajaran dalam pendidikan lingkungan hidup pada siswa sekolah dasar (studi pada sekolah Adiwiyata di DKI Jakarta). Jurnal pendidikan, 16(2), 110-126.

Neolaka, Amos., Neolaka, Grace. 2017. Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 02 Tahun 2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata. 2009. Jakarta : KEMENLHK.

Rahmah, Y. D. (2014). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata (Studi pada Sekolah Dasar Negeri Manukan Kulon III/540 Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Publik, 2(4), 453-757.

Setiyowati, L. E., Sutama, M. P., Narimo, D. S., & MM, M. P. (2017). Pemberdayaan guru menuju Sekolah Adiwiyata di SD Negeri Sine 1 Sragen (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Shinta, Arundati. 2017. Penguatan Pendidikan Pro Lingkungan Hidup di Sekolah Untuk Meningkatkan Kepedulian Generasi Muda pada Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Best Publisher.

Syakur, A. (2017). Education For Sustainable Development (ESD) Sebagai Respon dari Isu Tantangan Global Melalui Pendidikan Berkarakter dan Berwawasan Lingkungan yang Diterapkan pada Sekolah Dasar, Sekolah Menengah dan Kejuruan di Kota Malang. Eduscience, 1(1), 37-47.

Tim Teknis Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Panduan Singkat Menjadi Sekolah Adiwiyata, (Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup, 2012), hal. 4-5.

Widodo, H. (2018). Budaya sekolah adiwiyata (Studi kasus di SD Muhammadiyah Bodon Bantul Yogyakarta). Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, 7(1), 1-18.

Published

2021-12-14

Citation Check