Pendidikan Seksual Pada Guru Sekolah Dasar Kelas 1-3

Authors

  • Khoirunnisa Khoirunnisa Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Amanda Nabila Kasfi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Paksi Hidayatulloh Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Dimas Rahman Rizqian Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Daliman Daliman Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v11i1.1195

Keywords:

pendidikan, seksual, guru

Abstract

Permasalahan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah kurang pemahaman tentang pendidikan seksual dan kesulitan dalam menyampaikan istilah-istilah seks. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pemahaman tentang pendidikan seksual yang lebih luas serta membantu guru dalam menerapkan pendidikan seks kepada peserta didik. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dalam bentuk webinar melalui zoom meeting dengan peserta guru sekolah dasar kelas 1-3 di MIM PK Kartasura. Penyampaian materi dengan metode ceramah dan video atau film. Pelaksanaan kegiatan dengan dua sesi yaitu sesi pertama tentang pendidikan seksual dan sesi kedua tentang cara guru menyampaikan pendidikan seks sesuai usia maupun perkembangan anak. Selama kegiatan, peserta dapat mengikuti dengan baik, mudah dipahami dan terlibat diskusi.

References

Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak. 2021. Simfoni PPA. Available at https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan (verified 14 April 2021).

Ndari, S.S., Hasanah, L., & Rosyidi, M. 2019. Metode pendidikan seksualitas di taman kanak-kanak : panduan praktis untuk melindungi anak dari kejahatan seksual. Edu Publisher. Tasikmalaya

Oktavianti, M., Fadillah, F., & Purwanti, P. 2019. Peranan guru dalam mengenalkan pendidikan seks pada anak di taman kanak-kanak pertiwi. Jurnal pendidikan dan pembelajaran khatulistiwa. 8(1)

Panjaitan, R.L., Djuanda, D., & Hanifah, N. 2015. Pesepsi guru mengenai sex education di sekolah dasar kelas VI. Mimbar sekolah dasar. 2(2) : 224-233

Santrock, J.W. 2010. Education Psychology (5ed). Mc Graw Hill. New York

Undang-undang No. 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak

United Nation Educational, Scientific and Cultural Organization. 2018. International technical guidance on sexuality education : an evidence-informed approach. UNESCO. Paris

Additional Files

Published

2021-07-09

Issue

Section

Article

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.