Menumbuhkembangkan Nasionalisme Peserta Didik Melalui Kegiatan Pramuka Di MTs. NU Banat Kudus

Authors

  • Subaidi Subaidi Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-5871-1249
  • Barowi Barowi Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Sutain Sutain Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v11i1.1194

Abstract

Abstrak Program ini dirancang untuk menumbuhkembangkan nasionalisme peserta didik melalui kegiatan pramuka dilingkungan MTs. NU Banat Kudus. Hasilnya adalah 1) sosialisasi dilakukan secara tepat dengan menyebar angke keseluruh rombongan belajar mulai dari kelas VII, VIII, dan sampai kelas IX, agar mereka mengikuti kegiatan pramuka yang diselenggarakan madrasah meliputi beberapa aspek kegiatannya, termasuk pengenalan nasionalisme terkait dengan penjabaran kegiaran kepramukaan khusunya dasar Negara yaitu Pancasila, UUD 1945, dan pengenalan budaya bangsa Indonesia; 2) Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta didik dilingkungan MTs. NU Banat Kudus rata-rata aktif mengikuti kegiatan kepramukaan yang telah dijadwalkan madrasah, sehingga bisa diketahui hasil dari rata-rata peserta didik sebelum mengikuti pramuka dan sesudah mengikuti pramukasecara aktif. Dalam hal ini, data diperoleh dari dokumen madrasah tsanawiyah NU Banat Kudus, sebagaimana hasil observasi. Kata kunci: menumbuhkembangkan nasionalisme, peserta didik, pramuka

References

Ajirna, Nasir Yusuf, H. H. (2018) ‘Upaya Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Pramuka Di SD Negeri 20 Banda Aceh’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), pp. 46–52. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Buchory MS dan Tulus Budi Swadayani (2014) ‘Implementasi Program Pendidikan Karakter Di Smp’, (3), pp. 235–244. doi: 10.21831/jpk.v0i3.5627.

Chania, I., Witri, G., & Putra. (2020). IMPLEMENTATION NATIONALISM VALUE THROUGH SCOUT ACTIVITY. JOM FKIP-UR, 7(1), 1–11.

Citra Dewi, D. E. (2014) ‘Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Budaya Lokal’, At-Ta’lim, 13(2), pp. 375–388.

Damanik, S. A. (2014). Pramuka Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan , 16-2116.

Fediyanto, J. S. dan N. (2018). Pembangunan karakter kearifan legenda sarip tambak oso bagi generasi. ABADIMAS ADI BUANA, 02(1).

Furqon Hidayatullah. (2010). Pendidikan Karakter : Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: YumaPressindo.

Noer, R. Z. (2017). Urgensi penumbuhkembangan nasionalisme di tapal batas desa aji kuning sebatik kalimantan utara. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT BORNEO, 1(1), 44–48. Retrieved from http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpm

Samudra, N. B., Ibrahim, M. M., & Syahri, M. (2018). PERAN KEGIATAN PRAMUKA DALAM PENGEMBANGAN SIKAP NASIONALISME SISWA MAN 1 BANYUWANGI. Jurnal Civic Hukum, 3(2), 216–226. https://doi.org/http://ejournal.umm.ac.id/

Sumarlika, Alfiandra dan Kurnisar, Fungsi Ekstrakurikuler Pada Kegiatan Kepramukaan Dalam Pembentukan karakter Siswa Di SMP Negeri 4 Banyuasin III, Jurnal Bhinika Tunggal Ika, Volume 2, Nomor 2, November 2015.

Utami, B., & Indrawadi, J. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Pertiwi 1 Padang. Journal of Civic Education, 3(2), 186–190.

Wuryandani, W. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. cEkrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, Th XXXII. No 2.

Published

2021-07-09

Issue

Section

Article

Citation Check