Pemberdayaan Petani di Desa Pombulaa Jaya Kecamatan Konda dalam Budidaya Sayuran Hidroponik

Darwis Suleman, Ahmad Zaini, Prima Endang Susilowati, Dirvamena Boer

Abstract


Desa Pombulaa Jaya Kecamatan Konda merupakan salah satu daerah pemasok sayur untuk Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan. Selama ini petani bertanam sayur dengan mengandalkan musim hujan, namun karena perubahan iklim terkadang curah terlalu tinggi atau sebaliknya kekeringan sehingga penanaman sayuran terhambat. Metode yang digunakan untuk mengatasi kendala tersebut adalah melalui pelatihan tentang teknik budidaya tanaman secara hidroponik atau budidaya tanaman tanpa tanah. Pelatihan dilaksanakan di Balai Desa Pombulaa Jaya yang diikuti oleh 38 orang petani. Pelatihan dilakukan dalam bentuk presentasi dan dilanjutkan dengan diskusi dan demonstrasi tentang pembuatan instalasi. Hasil pengabdian ini menunjukkan antusias petani untuk mengikuti pelatihan cukup tinggi karena belum ada institusi yang memberikan sosialisasi dan pelatihan tentang teknik budidaya tanaman secara hidroponik. Pelatihan ini meningkatkan pengetahuan petani tentang teknik budidaya tanaman secara hidroponik atau tanpa tanah, meningkatkan keterampilan petani tentang cara pembuatan instalasi hidroponik dan cara pembuatan larutan hara untuk tanaman hidroponik. Diharapkan teknik bertanam sayur secara hidroponik merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi kendala perubahan iklim yang dapat mengganggu aktifitas petani dalam budidaya tanaman sayur-sayuran.


Keywords


perubahan iklim, petani, hidroponik, sayuran

References


Bahzar, M dan B. Santoso, 2018. Pengaruh Nutrisi dan Media tanam terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L. Var. Chinensis) dengan Sistem Hidroponik Sumbu. Jurnal Produksi Tanaman. Vol. 6 No. 7. 1273-1281.

BPS, 2018. Kecamatan Konda dalam Angka. Statistik Kabupaten Konawe Selatan.

Istiqomah, S. 2006. Menanam Hidroponik. Azka Press: Jakarta

Karsono, S., Sudarmodjo, dan Y. Sutiyoso. 2002. Hidroponik: Skala Rumah Tangga. PT AgroMedia Pustaka. Jakarta. 64 hal

Krismawati, A. 2012. Teknologi Hidroponik Dalam Pemanfaatan Lahan Pekarangan, BPTP: Malang.

Roidah, IS, 2014, Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik, Jurnal Bonorowo, Vol. 1.No.2

Suarsana, M., IP. Parmila, K.A. Gunawan, 2018. Pengaruh Konsentrasi Nutrisi AB Mix terhadap Pertumbuhan dan Hasil Sawi Pakcoy (Brassica Rapa L.) dengan Hidroponik Sistem Sumbu. Agro Bali (Agricultural Journal)




DOI: http://dx.doi.org/10.30999/jpkm.v11i1.1140

Copyright (c) 2021 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT



Indeksasi:

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Nusantara Bandung

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.

View My Stats