Pelatihan Manajemen Keuangan sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keandalan Penyusunan Laporan Keuangan

Intan Rahayu, Kusuma Aghdi Rahwana, Barin Barlian

Abstract


Laporan Keuangan merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam suatu bisnis, karena merupakan sebuah output yang dapat memberikan informasi bagi pengguna sebagaid asar untuk pengambilan keputusan. Oleh karena itu, dalam sebuah organisasi, Lembaga, maupun perusahaan harus memiliki seorang pengelola keuangan yang terampil dan memeiliki pengentahuan tentang laporan keuangan. Tetapi, tidak semua orang mengerti dan paham akan pentingnya sebuah laporan keuangan yang sesuai, akibatnya pembuatan laporan keuangan sering kali dibuat seadanya. Seperti halnya LKP/ LKP yang ada di Tasikmalaya, ternyata mendapatkan kesulitan dalam hal pencatatan laporan keuangan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan dana bantuan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) dan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) kepada LKP, program layanan pendidikan melalui kursus dan pelatihan yang diharapkan dapat menghasilkan lulusan kompeten pada bidang keterampilan sesuai kebutuhan DUDI sehingga dapat memanfaatkan secara optimal peluang-peluang kerja yang terbuka pada era MEA. Setiap dana yang didapatkan harus dilaporkan kembali penggunaannya kepada pemerintah. Namun, sebagian besar dari LKP tersebut masih membuat laporan keuangan secara sederhana. Diharapkan dengan adanya sosialisasi dan pelatihan mengenai penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM, pengurus LKP/LPK Kota Tasikmalaya mampu memahami proses dan mampu menyusun laporan penggunaan dana atas transaksi yang sudah dilakukan. Sehingga dapat membuat laporan keuangan yang relevan dan dapat dipertanggungjawabkan.


Keywords


Laporan Keuangan, Lembaga Kursus dan Pelatihan, Akuntabilitas

References


Ikatan Akuntansi Indonesia. (2018). SAK (Standar Akuntansi Keuangan. Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah). SAK EMKM.

Rahardja, U., Aini, Q., & Hardini, M. (2018). Penerapan Software Akuntansi Online Sebagai Penunjang Pencatatan Laporan Keuangan. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, 8(2), 176– 187.

Rudiantoro, R., & Siregar, S. V. (2012). Kualitas Laporan Keuangan Umkm Serta Prospek Implementasi Sak Etap. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 9(1), 1–21. https://doi.org/10.21002/jaki.2012.01

Silvita, Fitri. (2020). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah (SAK EMKM) Pada Usaha Mikro Kecil Menengah RAPIIN.CO.

Shonhadji, Nanang. (2017). Penerapan Penyusuan Laporan Keuangan pada Usaha Kecil Menengah berdasarkan SAK EMKM di Surabaya.

Wasuaturrahma., Sulistyowati, Chorry., Heriyati, Dina., Ajija, Shochrul Rohmatul. (2020). Peningkatan Kinerja Koperasi Melalui Pendampingan Manajemen Keuangan Pada Koperasi 64 Bahari Surabaya. Jurnal Berdaya Mandiri.2(1). 256-267

Wijayanti, Ratna. (2020). Sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan SAK EMKM.

Xu, Q., Fernando, G. D., & Tam, K. (2018). Executive age and the readability of financial reports. Advances in Accounting, 43(September), 70–81. https://doi.org/10.1016/ j.adiac.2018.09.00

Yusmaniarti, Y., & Ekowati, S. (2019). Laporan Keuangan Koperasi Berbasis Media Excel For Accounting (EFA). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 2(1).

Yani Restiani Widjaja, Catur Martian Fajar, Deden Edwar Yokeu Bernardin, Dwinta Mulyanti, Sahidillah Nurdin. (2018). Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana Untuk UMKM Industri Konveksi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30999/jpkm.v11i1.1111

Copyright (c) 2021 JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT



Indeksasi:

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Nusantara Bandung

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.

View My Stats