Media Pembelajaran Daring dalam Masa Pandemi Covid 19 untuk Guru dan Karyawan SMPN 101 Jakarta Barat

Authors

  • Rayung Wulan Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Suranto Saputra Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Ardhi Dinullah Baihaqie Dinullah Baihaqie Universitas Indraprasta PGRI
  • Aswin Fitriansyah Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v10i2.1089

Keywords:

Media Pembelajaran, Google Classroom, Guru

Abstract

Pandemi covid 19 saat ini merubah semua sistem pembelajaran, berbagai jenis media pembelajaran bermunculan . Media pembelajaran daring merupakan salah satu unsur terpenting dalam proses belajar mengajar selain metode pembelajaran konvensional. Diberlakukannya status pandemi COVID-19 mewajibkan hampir semua aktivitas berbasis daring. Model pembelajaran di semua sektor pendidikan diwajibkan PJJ (Pembelajaran jarak jauh) berbasis online. Perangkat pembelajaran yang ada di SMPN 101 Jakarta Barat belum maksimal dalam penggunaan dan memahami informasi pemanfaatan media online baik dalam proses PJJ (Pembelajaran jarak jauh). Sehingga, tujuan dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kemahiran para peserta pelatihan khususnya para guru dalam menggunakan media pembelajaran google classroom. Hasil yang didapatkan dari dilaksanakannya pelatihan ini adalah meningkatnya pengetahuan para peserta pelatihan terhadap model pembelajaran daring dan semakin terampilnya para guru dalam menggunakan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran di masa COVID-19.

 

 

Author Biographies

Rayung Wulan, Universitas Indraprasta PGRI

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Suranto Saputra, Universitas Indraprasta PGRI

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Ardhi Dinullah Baihaqie Dinullah Baihaqie, Universitas Indraprasta PGRI

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

References

Dewi, W. A. F. (2020) ‘Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), pp. 55–61. doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.

Evayanti, Desi, S. A. (MTs N. Y. P. (2020) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI METODE DARING (ONLINE) DALAM MASA DARURAT COVID-19, 23 Agustus 2020. Available at: https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/efektivitas-pembelajaran-melalui-metode-daring-online-dalam-masa-darurat-covid-19/.

Ki Sugeng Subagya (pamong Taman Siswa) (2020) ‘Pembelajaran Daring Bermakna’, 22 Julli 2020, p. 1. Available at: https://www.solopos.com/pembelajaran-daring-bermakna-1072128.

Putria, H., Maula, L. H. and Uswatun, D. A. (2020) ‘Analisis Proses pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar’, Jurnal basicedu, 4(4), pp. 861–872. doi: 10.31004/basicedu.v4i4.460.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

MANFAAT DAN METODE APLIKASI SENSUS PENDUDUK ONLINE DI DESA SUKABAKTI Tri Dharma Putra, Rakhmat Purnomo JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT http://ojs.uninus.ac.id/index.php/JPKM DOI: http//dx/doi.org/10.30999/jpkm.v10i1.875

Published

2020-12-10

Citation Check