Pelatihan Pembuatan Website Menggunakan Elementor pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai Sarana Promosi Produk BUMDes Banjarworo, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban

Authors

  • Aji Akbar Firdaus Universitas Airlangga, Indonesia
  • Nasa Zata Dina Program Studi Sistem Informasi, Program Studi Otomasi Sistem Instrumentasi, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Riky Tri Yunardi Program Studi Sistem Informasi, Program Studi Otomasi Sistem Instrumentasi, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v10i2.1043

Keywords:

BUMDes, Desa Banjarworo, Wordpress

Abstract

Kesejahteraan masyarakat di segala lini adalah salah satu cita-cita nasional Indonesia. Desa, sebagai lingkup masyarakat terkecil dalam masyarakat bernegara, seringkali menjadi bagian yang terlupakan dalam upaya mencapai hal tersebut. Oleh karena itu, dibuatlah perundang-undangan yang mengatur masalah desa dengan harapan kesejahteraan masyarakat desa dapat dicapai. Salah satu hal yang diatur dalam undang-undang tentang desa adalah mengenai BUMDes. BUMDes sendiri merupakan badan yang berperan penting dalam peningkatan perekonomian desa. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai peran BUMDes sebagai penggerak ekonomi dengan menggunakan studi kasus Desa Banjarworo . Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi lapangan, dan studi literatur melalui buku, jurnal, dan website terkait. Setelah data dikumpulkan, triangulasi data dari ketiga teknik pengumpulan data tersebut dilakukan untuk mendapatkan validitas data yang digunakan dalam tulisan ini. Hasil yang didapatkan adalah BUMDes dapat berperan secara efektif untuk meningkatkan perekonomian di Desa Banjarworo  karena dapat mengembangkan UMKM yang terdapat di desa tersebut dengan cara meningkatkan branding dan memperluas jangkauan pemasaran dari produk yang dihasilkan.

References

Alinna Listyani Elok Zubaidah. (2015). Formulasi Opak Bekatul Padi (Kajian Penambahan Bekatul Dan Proporsi Tepung Ketan Putih: Terigu). Jurnal Pangan dan Agroindustri, 950-956.

Lestari, D. P. (2015). Analisis strategi internet marketing butik online di Surabaya melalui instagram. Commonline Departemen Komunikasi, 4(2), 412- 424.

Toriqi, A. (2015). Analisis Yuridis Tentang Pengaturan Pengelolaan Anggaran Dana Desa Berdasarkan Otonomi Desa (Doctoral dissertation, Fakultas Hukum)

Published

2020-12-12

Citation Check