Pengembangan Media Pembelajaran Daring IPA dan Matematika di SMK Peternakan Juara Subang Melalui Bantuan Alat Peraga dan Video Demonstrasi

Authors

  • Ratu Fenny Muldiani Politeknik Negeri Bandung, Indonesia
  • Siti Samsiyah Purwaningsih
  • Defrianto Pratama
  • Anny Suryani
  • Sri Nuryuliyawati
  • Nita Henita Koesoemah
  • Farida Agoes
  • Sri Widarti

DOI:

https://doi.org/10.30999/jpkm.v10i2.1007

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Peternakan Juara Subang adalah sekolah menengah kejuruan berkualitas yang mengambil konsep sekolah berasrama, untuk mencetak generasi peternakan yang kompeten di bidang peternakan, tangguh, mandiri, kreatif, profesional dan bermental juara. Permasalahan  prioritas  yang  dihadapi Mitra SMK Peternakan  Juara Subang adalah permasalahan sarana sekolah, salah satunya terbatasnya media pembelajaran untuk IPA dan Matematika. Selain itu, media pembelajaran yang mendukung pembelajaran daring sangat dibutuhkan dimasa pandemi Covid-19 sekarang ini. Maka, tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran IPA dan Matematika berupa bantuan alat peraga dan video demontrasinya disertai modul dan lembar kerja siswa sebagai upaya mendukung pembelajaran daring maupun luring di SMK Peternakan Juara Subang. Pelaksanaaan kegiatan PKM ini melalui beberapa tahap. Pertama, analisis kebutuhan alat peraga sesuai silabus IPA dan Matematika. Kedua, pembuatan video demontrasi alat disertai modul pembelajaran dan lembar kerja siswa. Ketiga, pelatihan penggunanan alat peraga. Keempat, uji coba video demonstarsi alat peraga terhadap siswa melalui pembelajaran daring. Hasil uji coba pembelajaran daring menggunakan video demontrasi alat peraga menunjukan peningkatan pemahaman konsep siswa denga nilai gain sebesar 0,56 kategori sedang.

Published

2020-12-20

Citation Check

Most read articles by the same author(s)