PENDAYAGUNAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI PASIRANGIN KABUPATEN SUKABUMI

Authors

  • Rifqi Zaeni Achmad Syam Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/n-jils.v2i1.520

Keywords:

Pendayagunaan koleksi, perpustakan sekolah, kualitas pembelajaran,

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pendayagunaan koleksi perpustakaan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN Pasirangin Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang: 1) Cara pendayagunaan koleksi perpustakaan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran; 2) Manfaat pendayagunaan koleksi perpustakaan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran; 3) Upaya yang dilakukan pustakawan, guru, dan kepala sekolah dalam memotivasi pendayagunaan koleksi perpustakaan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran; 4) Hambatan pendayagunaan koleksi perpustakaan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pustakawan, guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada dasarnya sumber informasi telah tersedia di perpustakaan tinggal didayagunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Secara keseluruhan dapat disimpulkan, bahwa pendayagunaan koleksi perpustakaan sekolah sangatlah penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan pemberdayaan sumber belajar, meningkatkan proses layanan pembelajaran di dalam dan di luar kelas. 

 

 

ABSTRACT

 

The problem in this research is the untilization of the school library collections in improving the quality of learning in SDN Pasirangin. The aim of this study was to obtain data on: 1) How to the untilization of the school library collections in improving the quality of learning; 2) The benefits of the utilization of the school library collections in improving the quality of learning; 3) The efforts of librarians, teachers, and principals to motivate utilization of school library collections in improving the quality of learning; 4) Barriers utilization of the school library collections in improving the quality of learning. The method used in this study is a case study research method with a qualitative approach. Data Sources This study is librarians, teachers and principals. Data collected through observation, interviews, and documentation. The results showed that basically the resources already available in the library stayed utilized to improve the quality of learning. Overall it can be concluded that the utilization of the school library collections is crucial in improving the quality of learning, enhancing the empowerment of learning resources, improve the process of service-learning in the classroom and outside the classroom.

Author Biography

Rifqi Zaeni Achmad Syam, Universitas Islam Nusantara

Ilmu Perpustakaan

References

Creswell W. Jhon (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (1989), Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia.

Basuki, Sulistyo. (1994). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakatra: Gramedia.

Darmono. (2007). Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja. Jakarta: Grasindo.

Gaspersz, Vincent. (2006). Tatal Quality Management: untuk Praktisi Bisnis dan Industri. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Pasal 19 Ayat 1 tahun 2005 Tentang “Standar Nasional Pendidikan”. http://hukum.unsrat.ac.id/pp/pp_19_05.htm (Online) diakses pada tanggal 1 Mei 2019.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2009). Standar Nasional Indonesia tentang Perpustakaan: SNI7329: 2009. Jakarta. Perpusnas RI. (https://docplayer.info/187168-Standar-nasional-indonesia-sni-bidang-perpustakaan.html) diunduh pada tanggal 30 April 2019.

Sudarsana, Undang dan Bastiano. (2010). Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989. Tentang “Sistem Pendidikan Nasional”. http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_2_89.htm (Online) diakses pada tanggal 1 Mei 2019.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang “Sistem Pendidikan Nasional”

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang “Perpustakaan”. https://praja1.wordpress.com/2009/10/12/uu-no-43-tahun-2007-tentang-perpustakaan/ (Online) diakses pada tanggal 1 Mei 2019.

Published

2019-06-21

How to Cite

Syam, R. Z. A. (2019). PENDAYAGUNAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI PASIRANGIN KABUPATEN SUKABUMI. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 2(1), 103–116. https://doi.org/10.30999/n-jils.v2i1.520

Issue

Section

Articles

Citation Check