PENDAYAGUNAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI PASIRANGIN KABUPATEN SUKABUMI
DOI:
https://doi.org/10.30999/n-jils.v2i1.520Keywords:
Pendayagunaan koleksi, perpustakan sekolah, kualitas pembelajaran,Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah pendayagunaan koleksi perpustakaan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN Pasirangin Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang: 1) Cara pendayagunaan koleksi perpustakaan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran; 2) Manfaat pendayagunaan koleksi perpustakaan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran; 3) Upaya yang dilakukan pustakawan, guru, dan kepala sekolah dalam memotivasi pendayagunaan koleksi perpustakaan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran; 4) Hambatan pendayagunaan koleksi perpustakaan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pustakawan, guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada dasarnya sumber informasi telah tersedia di perpustakaan tinggal didayagunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Secara keseluruhan dapat disimpulkan, bahwa pendayagunaan koleksi perpustakaan sekolah sangatlah penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan pemberdayaan sumber belajar, meningkatkan proses layanan pembelajaran di dalam dan di luar kelas.
ABSTRACT
The problem in this research is the untilization of the school library collections in improving the quality of learning in SDN Pasirangin. The aim of this study was to obtain data on: 1) How to the untilization of the school library collections in improving the quality of learning; 2) The benefits of the utilization of the school library collections in improving the quality of learning; 3) The efforts of librarians, teachers, and principals to motivate utilization of school library collections in improving the quality of learning; 4) Barriers utilization of the school library collections in improving the quality of learning. The method used in this study is a case study research method with a qualitative approach. Data Sources This study is librarians, teachers and principals. Data collected through observation, interviews, and documentation. The results showed that basically the resources already available in the library stayed utilized to improve the quality of learning. Overall it can be concluded that the utilization of the school library collections is crucial in improving the quality of learning, enhancing the empowerment of learning resources, improve the process of service-learning in the classroom and outside the classroom.
References
Creswell W. Jhon (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (1989), Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia.
Basuki, Sulistyo. (1994). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakatra: Gramedia.
Darmono. (2007). Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja. Jakarta: Grasindo.
Gaspersz, Vincent. (2006). Tatal Quality Management: untuk Praktisi Bisnis dan Industri. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Pasal 19 Ayat 1 tahun 2005 Tentang “Standar Nasional Pendidikan”. http://hukum.unsrat.ac.id/pp/pp_19_05.htm (Online) diakses pada tanggal 1 Mei 2019.
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2009). Standar Nasional Indonesia tentang Perpustakaan: SNI7329: 2009. Jakarta. Perpusnas RI. (https://docplayer.info/187168-Standar-nasional-indonesia-sni-bidang-perpustakaan.html) diunduh pada tanggal 30 April 2019.
Sudarsana, Undang dan Bastiano. (2010). Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989. Tentang “Sistem Pendidikan Nasional”. http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_2_89.htm (Online) diakses pada tanggal 1 Mei 2019.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang “Sistem Pendidikan Nasional”
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang “Perpustakaan”. https://praja1.wordpress.com/2009/10/12/uu-no-43-tahun-2007-tentang-perpustakaan/ (Online) diakses pada tanggal 1 Mei 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Nusantara Journal of Information and Library Studies journal and afiliasi as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Nusantara Journal of Information and Library Studies and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Nusantara Journal of Information and Library Studies journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [copyright transfer form]. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document or fax :
Rosiana Nurwa Indah (Editor-in-Chief)
Editorial Office of Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS)
Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Jl. Soekarno Hatta No. 530 Bandung
Email: jils.uninus@gmail.com