REPRESENTASI PERPUSTAKAAN DAN PUSTAKAWAN DALAM FILM THE NIGHT AT THE MUSEUM 3

Authors

  • Rahmat Fadhli Unversitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/n-jils.v2i1.519

Keywords:

Perpustakaan, representasi, pustakawan, film,

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang representasi perpustakaan dan pustakawan dalam film The Night at The Museum 3. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis semiotic yang menggunakan model Pierce yang bertujuan untuk mendeskripsikan representasi perpustakaan dan pustakawan dalam film dengan prinsip realitas dan representasi. Kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa Perpustakaan dalam film ini digambarkan sebagai tempat mendapatkan informasi yang lengkap bagi siapa saja dengan menyediakan koleksi yang banyak dan beragam. Sedangkan pustakawan digambarkan sebagai sosok yang berusia lanjut tapi pintar, pemegang kekuasaan tertinggi di perpustakaan, serta sosok yang melek teknologi untuk mendukung proses pelayanan users di perpustakaan sesuai dengan perkembangan globalisasi. 

 

ABSTRACT

 

This study describes the representation of libraries and librarians in the film The Night at The Museum 3. This study uses descriptive qualitative research using semiotic analysis using the Pierce model, which aims to describe the representation of libraries and librarians in films with the principles of reality and representation. The conclusion of this study explains that the library in this film is described as a place to get complete information for anyone by providing a large and varied collection. While librarians are depicted as elderly but smart, the highest authority in the library, as well as a technology literate figure to support the service process of users in the library under the development of globalization.

Author Biography

Rahmat Fadhli, Unversitas Negeri Yogyakarta

Program Studi Manajemen Pendidikan

References

Azzasyofia, M. (2012). Representasi Perpustakaan dan Pustakawan dalam Film The Librarian: Quest For The Spear. Universitas Indonesia: Depok.

Danesi, M. (2010). Pengantar Memahami Semiotika Media. Jalasutra: Yogyakarta.

Ismujihastuti, G.D. (2014). Representasi Wanita dalam Sampul Album Raisa. Universitas Telkom: Bandung.

Novitasari, A. (2010). Analisis Semiotik Representasi Anak-Anak Dalam Film Denias Senandung Di Atas Awan Dan Laskar Pelangi. Universitas Airlangga: Surabaya.

Thompson, R & Bowen, Christopher J. (2011). Grammar of the Shot,

http://ifile.it/jdxzrt/ebooksclub.org__Grammar_of_the_Shot__Second_Edition.pdf

Published

2019-06-21

How to Cite

Fadhli, R. (2019). REPRESENTASI PERPUSTAKAAN DAN PUSTAKAWAN DALAM FILM THE NIGHT AT THE MUSEUM 3. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 2(1), 93–102. https://doi.org/10.30999/n-jils.v2i1.519

Issue

Section

Articles

Citation Check