PENGARUH BAURAN PROMOSI (PROMOTION MIX) TERHADAP MINAT BACA ANGGOTA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG

Authors

  • Cucu Hodijah Institut Manajemen Wiyata Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/n-jils.v2i1.512

Keywords:

Bauran Promosi, Minat Baca, Periklanan, Penjualan Personal, Promosi Penjualan,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Baca Anggota Perpustakaan.Grand theory yang digunakan adalah Bauran Promosi dari Kotler and Amstrong. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh simultan bauran promosi, yang terdiri dari Periklanan, Penjualan Personal, Promosi Penjualan, Penjualan Langsung dan Publisitas terhadap Minat Baca Anggota Perpustakaan Universitas Widyatama. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan Verifikatif. Penelitian ini mengkaji Pengaruh bauran promosi, yang terdiri dari Periklanan, Penjualan Personal, Promosi Penjualan, Penjualan Langsung dan Publisitas terhadap Minat Baca Anggota Perpustakaan Universitas Widyatama dengan menggunakan teknik regresi berganda. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Pengolahan data menggunakan analisis regresi berganda dan data deskriptif analisis menggunakan teknik rata-rata.Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel Periklanan, Penjualan Personal, Promosi Penjualan, Penjualan Langsung dan Publisitas berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Baca Anggota Perpustakaan Universitas Widyatama. Secara simultan masing-masing sub variabel bauran promosi memiliki pengaruh yang signifikan Minat Baca Anggota Perpustakaan. Variabel yang paling dominan dalam Minat Baca Anggota Perpustakaan Universitas Widyatama yaitu Penjualan Personal. 

 

ABSTRACT

 

This study aims to determine the Effect of Promotion Mix on Reading Interest of Members of the Library. Grand theory used is Promotion Mix from Kotler and Armstrong. The research hypothesis is that there is a simultaneous influence of the promotion mix, which consists of Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Direct Marketing and Public Relation towards Reading Interests of Widyatama University Library Members. The study was conducted using descriptive and verification methods. This study examined the effect of promotional mix, which consisted of Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Direct Marketing and Public Relation on Reading Interests of Widyatama University Library Members using multiple regression techniques. Data was collected using a questionnaire with a Likert scale. Processing data using multiple regression analysis and descriptive analysis data using the average technique. The results showed partially the variable Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Direct Marketing and Public Relation significantly influence the Reading Interest of Widyatama University Library Members. Simultaneously each promotional mix sub variable has a significant influence on Library Member Reading Interest. The most dominant variable in the Reading Interest of Widyatama University Library Members is Personal Selling.

References

Buchari Alma. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Kotler, Philip and amstorong, Gary. (2012). Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and amstorong, Gary. (2016). Prinsiples of Marketing, sixteenth Edition, Pearson.

Nazir, Mohammad. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan

Pratiwi, Priska Sari. (2018). Minat Baca Masyarakat Indonesia Masih Rendah, Retrieved, CNN Indonesia, Selasa, 27/03/2018, 07:31 WIB, https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180326160959-282-285982/minat-baca-masyarakat-indonesia-masih-rendah.

Putra, Yudha Manggala P. (2018). Minat Baca di Indonesia disebut Masih Rendah, Retrieved Selasa 20 February 2018 22:22 WIB, https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/02/20/p4gflk284-minat-baca-di-indonesia-disebut-masih-rendah.

Rahim, Farida. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bandung: Bumi Aksara.

Sekaran, Uma, 2013, Research Method for Business : A Skill Building Approach, Singapore : John Wiley & Sons. Inc

Suciatiningrum, Dini. (2017). Memprihatinkan Ternyata Minat Baca Indonesia Duduki Peringkat 60 dari 61 Negara, Retrieved http://www.tribunnews.com/regional/2017/05/15/memprihatinkan-ternyata-minat-baca-indonesia-duduki-peringkat-60-dari-61-negara.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Published

2019-06-21

How to Cite

Hodijah, C. (2019). PENGARUH BAURAN PROMOSI (PROMOTION MIX) TERHADAP MINAT BACA ANGGOTA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 2(1), 11–28. https://doi.org/10.30999/n-jils.v2i1.512

Issue

Section

Articles

Citation Check