LAYANAN RUMAH BELAJAR SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBINAAN KREATIVITAS MEMBACA

Authors

  • Farah Ruqayah Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Neng Erni Handayani Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Husen Saeful Insan Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/n-jils.v1i2.374

Keywords:

layanan rumah belajar, komunitas MAPUSTA, kreatifitas membaca,

Abstract

Layanan rumah belajar merupakan forum diskusi yang didirikan oleh sebuah komunitas yang di kenal dengan MAPUSTA (Masyarakat Perpustakaan) untuk membatu memberikan kebutuhan informasi bagi masyarakat. Program layanan rumah belajar menjadi salah satu media dalam pembinaan kreativitas membaca bagi peserta didik yang ikut bergabung dalam program tersebut di DISPUSIPDA. Tujuan penelitian untuk mengetahui layanan pada program rumah belajar sebagai media dalam pembinaan kreatifitas membaca. metode penelitian : kualitatif deskriptif dan studi kasus. Informan yang terdapat dalam penelitian ini dibagi menjadi 3 katogori yitu, 1. Peserta didik, 2. Fasilitator, dan 3. Komunitas Masyarakat Perpustakaan (MAPUSTA). Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Perpustakaan dan Arsip (DISPUSIPDA) Jawa Barat. Dengan indikator yang terdapat pada penelitian ini seperti fungsi dan peranan program rumah belajar, faktor pendukung pada program rumah belajar, serta prantara sumber belajar yang terdapat pada program layanan rumah belajar. Dari hasil penelitian maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa layanan pada program rumah belajar merupakan salah satu media dalam pembinaan kreatifitas membaca bagi peserta didik

 

ABSTRACT


Home learning services are a discussion forum founded by a community known as MAPUSTA (Library Society) to help provide information needs for the community. The home learning service program is one of the media in developing reading creativity for students who join the program at DISPUSIPDA. The purpose of the study was to find out the services in the learning home program as a medium in developing reading creativity. Research methods: descriptive qualitative and case studies. The informants in this study divided into three categories, 1. Students, 2. Facilitators, and 3. Community Library Community (MAPUSTA). This research was carried out at the West Java Library and Archives (DISPUSIPDA) Office. With the indicators contained in this study such as the function and role of home learning programs, supporting factors in the learning home program, and learning resources among the learning home service programs. From the results of the study, the researcher can conclude that services in the home learning program are one of the media in the development of reading creativity for students

Author Biographies

Farah Ruqayah, Universitas Islam Nusantara

Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Neng Erni Handayani, Universitas Islam Nusantara

Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Husen Saeful Insan, Universitas Islam Nusantara

Ilmu Perpustakaan dan Informasi

References

Elfisa, M.Khaironi, Yunaldi. (2012). Layanan Pustakawan Anak Terhadap Anak di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Dalam Menumbuhkan Minat Baca. Padang: FBS Universitas Negeri Padang

Suharmono, Kasiyun. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Media Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa. Surabaya: Jurnal Pena Indonesia (JPI).

Hadayati, Ernani. (2011). Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Malang: Universitas Gajayana Malang.

Yuliani, Lia. (2017). Strategi Komunikasi Radio Republik Indonesia Bandung Dalam Membangun Kepercayaan Publik. Bandung : Universitas Islam Nusantara.

Arisma, Olynda Ade. (2012). Peningkatan Minat dan Kemampuan Membaca Melalui Penerapan Program Jam Baca Sekolah di Kelas VII SMP Negeri 1 Puri. Malang: Universitas Negeri Malang (S1 Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah.)

Umar. (2013). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Tabawiyah.

Published

2018-12-25

How to Cite

Ruqayah, F., Handayani, N. E., & Insan, H. S. (2018). LAYANAN RUMAH BELAJAR SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBINAAN KREATIVITAS MEMBACA. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 1(2), 177–188. https://doi.org/10.30999/n-jils.v1i2.374

Citation Check