PERPUSTAKAAN SEBAGAI SENTRAL SERVIS BENIH (SUMBER) INFORMASI

Nor Latifah

Abstract


Penelitian ini berjudul perpustakaan sebagai sentral servis benih (sumber) informasi. Tujuan dari penulis yaitu untuk mengetahui benih (sumber) informasi yang tersedia di perpustakaan dan konsep servis informasi di perpustakaaan. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan. Cara pengumpulan data menggunakan buku, jurnal, dan makalah yang berkaitan dengan materi tersebut. Penelitian ini mengarahkan agar perpustakaan sebagai sentral servis benih (sumber) informasi. Untuk mendapatkan informasi kita harus kenal dulu dengan sumber informasi yang tersedia di dalam perpustakaan. Sumber informasi tersebut seperti sumber informasi primer, sekunder, tersier, dan terbitan berseri, koleksi referensi dan servis informasinya harus ditingkatkan secara mutakhir untuk menunjang kegiatan sevitas akademika.


ABSTRACT

 

This research is entitled a library as a central servicing of information resources. The purpose of the writer is to know the seeds (sources) of information available in the library and the concept of service information in the library. This research uses the library (literature) method. Data collected using books, journals, and papers related to the material. This research directs the library as a central service for information resources. To get the information we need to know first with the resources available in the library. The information sources such as resources, primary, secondary, tertiary, and serial publications, reference collection and servicing of cutting-edge information must be upgraded to support the activities of academic sevitas.


Keywords


Perpustakaan; Sentral; Servis; Sumber Informasi;

References


Hasugian, Jonner. (2009). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Medan: USU Press.

Herlina. (2006). Ilmu Perpustakaan Dan Informasi. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.

Kamus besar bahasa Indonesia. (2017). pengertian layanan perpustakaan. Artikel ini diakses pada tanggal 14 September 2017 http://kbbi.web.id/layanan perpustakaan.

Kotler, Philips. (2002). Manajemen Pemasaran Di Indonesia : Analisis Perencanaan, Implementasi, Dan Pengendalian. Jakarta : Salemba Empat.

NS, Sutarno. (2006). Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Sagung Seto.

Qulyubi, S., et all. (2003). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan Dan Informasi. Yogyakarta: Ilmu Perpustakaan dan Informasi, IAIN Sunan Kalijaga.

Saleh, Abdul Rahman. (2009). Pengantar Kepustakaan. Jakarta : Sagung Seto.

Soetaminah. (1992). Perpustakaan Kepustakaan dan Pustakawan. Jakarta: Kanisius.

Trimo, Soejono. (1992). Pedoman Pelaksanaan Perpustakaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yusuf, Pawit, M. (1995). Pedoman Praktis Mencari Informasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30999/n-jils.v1i2.369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

N-JILS

Nusantara Journal of Information and Library Studies

Fakultas Ilmu Komunikasi

Universitas Islam Nusantara

Jln. Soekarno-Hatta No.530, Sekejati, Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat, 40286

Email: jils.uninus@gmail.com