Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan Motivasi Minat Baca Siswa Di SMA Negeri 1 Ciwidey

Authors

  • Salsa Saroya Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Rosiana Nurwa Indah Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Rifqi Zaeni Achmad Syam Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/n-jils.v6i1.3054

Keywords:

peran pustakawan, motivasi, minat membaca, SMA Negeri 1 Ciwidey

Abstract

This research is motivated by the role of librarians in increasing students' reading interest motivation at SMA Negeri 1 Ciwidey. The purpose of this study is to determine the procurement of collections, extend service hours, tutoring and spatial arrangements available in the library in motivating students' reading interest and knowing the role of librarians in motivating students' reading interest. The theory used in this study is Abraham Maslow's Theory of Motivation. This theory suggests that basically all humans have basic needs. Self-actualization needs cognitive needs knowing, understanding, and exploring, aesthetic needs of harmony, order, and beauty. The conclusion of this study is that the role of librarians in increasing students' reading interest motivation at SMA Negeri 1 Ciwidey. With the role of librarians in procuring collections, it is certainly very useful for students and teachers who often visit the library. In addition, the extension of service hours will greatly assist students in borrowing or returning books. With tutoring, it really helps students in getting information, motivation in reading. As well as the influence of library spatial arrangements greatly affect users and librarians. In addition, the role of librarians is very important to help students in motivating students' reading interest.

 Keyword: librarian role, motivation, reading interest, SMA Negeri 1 Ciwidey

 

ABSTRAK 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran pustakawan dalam meningkatkan motivasi minat membaca siswa di SMA Negeri 1 Ciwidey. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengadaan koleksi, perpanjangan jam layanan, bimbingan belajar dan penataan ruang yang tersedia di perpustakaan dalam memotivasi minat baca siswa dan mengetahui peran pustakawan dalam memotivasi minat membaca siswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Motivasi Abraham Maslow. Teori ini mengemukakan bahwa pada dasarnya semua manusia mempunyai kebutuhan dasar. Aktualisasi diri membutuhkan kebutuhan kognitif mengetahui, memahami, dan mengeksplorasi, kebutuhan estetis akan keselarasan, keteraturan, dan keindahan. Kesimpulan penelitian ini adalah peran pustakawan dalam meningkatkan motivasi minat membaca siswa di SMA Negeri 1 Ciwidey. Dengan adanya peran pustakawan dalam pengadaan koleksi tentunya sangat bermanfaat bagi siswa dan guru yang sering berkunjung ke perpustakaan. Selain itu, perpanjangan jam layanan akan sangat membantu mahasiswa dalam peminjaman atau pengembalian buku. Dengan adanya bimbingan belajar sangat membantu siswa dalam mendapatkan informasi, motivasi dalam membaca. Serta pengaruh penataan ruang perpustakaan sangat mempengaruhi pengguna dan pustakawan. Selain itu peran pustakawan sangat penting untuk membantu siswa dalam memotivasi minat membaca siswa.

References

Alpian, A., & Ruwaida, H. (2022). Pengoptimalan Peran Perpustakaan Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1610–1617. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2363

Bafadal, I. (2015). Pengelolaan Perpusataakan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmono. (2001). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiarsana Indonesia

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamalik, O. (2007). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Indah, R.N. (2021). Kegiatan Seleksi Bahan Pustaka di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 4(2): 207-217. DOI: https://doi.org/10.30999/n-jils.v4i2.1951

Lutfi, A., & Winata, A. Y. S. (2020). Motivasi Intrinsik, Kinerja dan Aktualisasi Diri: Kajian Konseptual Perkembangan Teori. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(2), 194-198. DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v13i2.8526

Maulidiyah, A., & Roesminingsih, E. (2020). Layanan dan Fasilitas Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(4), 389-400. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/36864

Mohindra, R., & Kumar, A. (2015). User Satisfaction Regarding Quality of Library Services of A.C. Joshi Library, Panjab University, Chandigarh. DESIDOC Journal of Library & Information Technology, 35(1). https://doi.org/10.14429/djlit.35.1.8072

Patil, S. & Sawant, S. (2017). Service Quality Expectations of Academic Library Users. Mumbai: SHPT School of Library Science.

Rustiana, A., & Rosmawati, N. (2010). PENGARUH TATA RUANG DAN KOMUNIKASI INTERN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA GURU DI SMK NEGERI 9 SEMARANG. Dinamika Pendidikan, 5(1). doi: https://doi.org/10.15294/dp.v5i1.4929

Slamet, St. Y. (2008). Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Sekolah Dasar. Solo: UNS Press.

Sulistyo-Basuki.(2022). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sutarno, N.S. (2006). Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto

Sinaga, D. (2022). Mengelola perpustakaan sekolah. Jakarta: Pustaka Putra Khatulistiwa & Kiblat Buku Utama.

Syafitri, E. (2020). Peran Pustakawan Dalam Penataan Ruang Perpustakaan Sekolah di SMP Negeri 1 Kluet Timur. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16261/

Ulfah, U., & Arifudin, O. . (2020). IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DALAM KURIKULUM 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146. https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.189

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang sistem pendidikan Nasional.

Wijayanti, N., Yulianti, R., & Wijaya, B. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Pemakai Dengan Model CIPP di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM. Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 3(1), 37-66. doi: http://dx.doi.org/10.29240/tik.v3i1.790

Yuliani, R. (2020). Peran Penting Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 3(3), 1831-1836. doi: http://dx.doi.org/10.20961/shes.v3i3.57030

Yuliana, L., & Mardiyana, Z. (2021). Peran Pustakawan Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan. Jambura Journal of Educational Management, 2(1), 53–68. https://doi.org/10.37411/jjem.v2i1.526

Published

2023-06-30

How to Cite

Saroya, S., Rosiana Nurwa Indah, & Rifqi Zaeni Achmad Syam. (2023). Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan Motivasi Minat Baca Siswa Di SMA Negeri 1 Ciwidey. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 6(1), 59–73. https://doi.org/10.30999/n-jils.v6i1.3054

Issue

Section

Articles

Citation Check