ANALISIS KETERAMPILAN LITERASI INFORMASI PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO BERDASARKAN MODEL BIG 6

Authors

  • Catur Indra Himawan Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Farah Ruqayah Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Yosal Iriantara Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/n-jils.v1i1.274

Keywords:

literasi informasi, pustakawan, model big6

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode evaluasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pustakawan di Perpustakaan Universitas Muhammdiyah Purwokerto sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner dan ditabulasikan dalam persentase. Berdasarkan hasil pada penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa tingkat kemampuan literasi informasi yaitu sebagian besar pustakawan mempunyai kemampuan dalam mendefenisikan masalah ditandai dengan 70%. Memiliki kemampuan strategi pencarian informasi dengan 60%. Kemampuan dalam menemukan dan mengakses lokasi informasi dengan 90%. Kemampuan dalam strategi pencarian informasi atau cara efektif untuk menyaring dan mengevaluasi informasi ditandai dengan 60%. Kemampuan mensitesis dan menggabungkan informasi ditandai dengan 70%. Kemampuan untuk menilai hasil dan proses pencarian dengan 60%.

 

ABSTRACT

This research uses quantitative approach of evaluative study. The population of this research is all librarian in Muhammadiyah University Library Purwokerto, that is 10 people. Data were obtained by distributing questionnaires and obtaining questionnaire data then tabulated in percentage form. Based on the results of the discussion, the authors conclude that the level of literacy skill information is as follows: that most librarians have the skills in defining problems marked by 70%. Most have information search strategy skills marked 60%. Most have the skill of finding the access information location marked 90%. Most librarians have information search strategy skills or have an effective way to filter and extort information marked 60%. Most have synthesis skills or incorporate various information marked 70%. Most librarians have skills in assessing the results and processes that have been successfully tracked by 60%.

References

Baskoro, D. G., & Jonatan, E. (2015). Kompetensi Literasi Informasi Pustakawan Universitas Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah III. Jurnal Pustakawan Online Tahun 2015, 1-13. Download: 15 April 2017.

Bundy, A. 2001. For a Clever Country: information literacy diffusion in the 21st century. (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjqnZ6_n7XXAhVLPo8KHemWDqEQFgglMAA&url=http%3A%2F%2Fpuslit2.petra.ac.id%2Fejournal%2Findex.php%2Fpus%2Farticle%2Fdownload%2F17231%2F17184&usg=AOvVaw0EqVVuLbb1gRD-LXJLphLC. Diakses pada tanggal 3 April 2017)

Calongesi, J.S. 1995. Merancang Tes untuk Menilai Prestasi Siswa. Bandung: ITB

Crawford, John. 2000. Ed. 2. Evaluation of Libraries and Information Services. London: Aslib, the association for information management and information management international

______, 2007. Undang-undang No. 43 Tahun 2007 tentang Pepustakaan. Jakarta: Graha Ilmu.

Hancook, V.E. 2004. Information literacy for life long learning. (http://www.ericdigest.org/longlife.html. diakses pada 4 Juni 2017.)

Lien, Diao Ai.dkk. 2014. Literasi Informasi: 7 Langkah Knowledge Management. Jakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya

Saleh, Abdul Rahman.dkk. 2017. Literasi Informasi Untuk Mahasiswa IPB. Bogor: Perpustakaan IPB.

Saur K.G. 2008. Information Literacy: International Perspectives. Netherland: International Federation of Library Association

Sukmadinata, N.S. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung (ID): PT. Remaja Rosda Karya.

Supardi, A. 1979. Statistik. Bandung: Fakultas Tarbiah IAIN Sunan Gunung Jati

Tata Sutabri (2005) dalam Defri Ananta. Jurnal Informatika AMIK-LB. Vol. 1 No. 3. September.2013.

(www.academia.edu/download/45769072/12-24-1-SM.pdf. Diakses tanggal 4 Juni 2017)

Zaini, Hisyam, dkk., dalam Qomari (2008) dalam Isabella Christina Sembiring. 2013, Pemenuhan Kebutuhan Informasi E-Journal Estlawinternational Oleh Mahasiswa Pascasarjana S2 Ilmu Hukum Universitas Sumatera Utara. Departemen Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara Medan. (https://id.123dok.com/document/download/dzxokozr#_=_. Diakses tanggal 8 April 2017)

Published

2018-06-01

How to Cite

Himawan, C. I., Ruqayah, F., & Iriantara, Y. (2018). ANALISIS KETERAMPILAN LITERASI INFORMASI PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO BERDASARKAN MODEL BIG 6. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 1(1), 90–102. https://doi.org/10.30999/n-jils.v1i1.274

Issue

Section

Articles

Citation Check