UPAYA PUSTAKAWAN DALAM MENGATASI VANDALISME

Undang Sudarsana, Novi Widya, Emas .

Abstract


Vandalisme di perpustakaan merupakan tindakan perusakan yang dilakukan oleh manusia terhadap koleksi maupun fasilitas yang ada di perpustakaan. Bentuk dari tindakan vandalisme terhadap bahan pustaka diantaranya corat coret, menandai dengan bolpoint atau stabilo, memberi tanda sebagai batas baca, melipat bahan pustaka, merobek, mengambil sebagian halaman bahan pustaka, menggunting gambar, mencopot stiker, penambahan tulisan serta mengotori bahan pustaka. Perpustakaan sekolah tidak terlepas dari bahaya vandalisme, salah satunya tindakan perobekan terhadap bahan pustaka. Hal yang dapat dilakukan pustakawan dalam mengatasi perobekan bahan pustaka yaitu dengan mengadakan kegiatan sosialisasi, melakukan kerjasama dengan guru kelas, melakukan kerjasama dengan orang tua siswa dan memberikan sanksi yang tegas terhadap pelaku perobekan bahan pustaka.

 

ABSTRACT

 Vandalism in the library is an act of destcution committed by humans agains collection or facilities in the library. The form of vandalism against library materials such as scribbled marks, marked with ballpoint or highlighter, gave punctuation marks, forl library materials, rips, tore the page, removes stickers, attaches additives and contaminates library materials. The school library is inseparable from the dangers of vandalism, one of the act is tapping the materials. The things that librarians can do in overcoming library materials is by holding socialization activities, cooperating with teachers, parents and giving strict sanctions against the perpetrators of tapping library materials.

 


Keywords


pustakawan; vandalisme; perobekan bahan pustaka

References


Aprilia, Anggi. dan Sumaryanto, Yohanes. 2013. Penyalahgunaan dan Vandalisme Terhadap Koleksi: Studi Kasus di Perpustakaan Daerah Provinsi DKI Jakarta. Skripsi. Jakarta : Universitas Indonesia. http://lib.ui.ac.id/naskahringkas/2016-03/S46127-Anggi%20Aprilia Diakses pada 08 Desember 2017 pada pukul 21.45

Efriza, Eka., dkk. 2015. Strategi Manajemen Perpustakaan Dalam menghadapi Vandalisme. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan. Vol.3, No.1, Juni 2015, hal. 43-70. http://jurnal.unpad.ac.id/jkip/article/download/9488/4706 Diakses pada 19 September 2017 pukul 23.00

Listiyani. 2010. Penyalahgunaan Koleksi Perpustakaan. Skripsi. Jakarta : Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20160877-RB13L199p-Penyalahgunaan%20koleksi.pdf. Diakses pada 10 September pukul 17.00

Prastowo, Andi. 2013. Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Cetakan II. Yogyakarta: DIVA Press.

Setiani, Selly., dan Silvana, Hana. 2016. Kerjasama Antara Guru dengan Pustakawan dalam Layanan Perpustakaan Sekolah Dasar Hikmah Teladan. Ejournal UPI. Vol. 6 No. 2. http://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/5026 Diakses pada 07 Desember 2017 pukul 20.15

Trinanda, Lisa. dan Marlini. 2015. Pelaksanaan Pendidikan Pemakai di Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Jurnal Ilmu Informasi dan Kearsipan. Vol.4, No. 1, September 2015, Seri A.

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/viewFile/5141/4038 Diakses pada 5 Maret 2017 pukul 20.00




DOI: http://dx.doi.org/10.30999/n-jils.v1i1.271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:  

 

 

Creative Commons License

Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS)
Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi,
Universitas Islam Nusantara
Jln. Soekarno-Hatta No.530, Sekejati, Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat, 40286
Email: jils.uninus@gmail.com

Statistik Kunjungan