STRATEGI PRESERVASI BAHAN PUSTAKA TERCETAK DI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN BOYOLALI

Authors

  • Donatus Gidot Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Tintien Koerniawati Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Elizabeth Sri Lestari Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/n-jils.v6i1.2656

Keywords:

trategi preservasi, bahan pustaka tercetak, dinas kearsipan dan perpustakaan

Abstract

Penelitian ini mengangkat topik strategi preservasi bahan pustaka tercetak yang diterapkan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Boyolali. Topik ini mencakup berbagai aspek, seperti strategi preservasi, metode preservasi (konservasi dan restorasi), serta pembinaan sumber daya manusia (SDM) dalam hal pustakawan dan pemustaka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran dan penjelasan rinci tentang situasi yang terjadi di lapangan. Dalam penelitian ini, informasi akan diperoleh melalui wawancara dengan informan, yaitu petugas bagian preservasi dan kepala Dinas Arpus Kabupaten Boyolali. Data yang akan diambil terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer akan dikumpulkan melalui wawancara yang direkam dan kemudian ditranskripsi ke dalam bentuk tulisan. Sedangkan data sekunder akan diperoleh melalui pencarian informasi terkait objek penelitian. Analisis data kualitatif akan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan karena pentingnya upaya preservasi bahan pustaka, dan peneliti tertarik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang strategi pelestariannya di perpustakaan tersebut.

References

Rachman, Y. B. (2017). Preservasi dan Konservasi Bahan Pustaka. Depok: Rajawali Pers.

Sudarsana, undang (2019). Preservasi dan konservasi media informasi. Banten: Universitas Terbuka

Rifauddin, M., & Pratama, B. A. (2020). Strategi preservasi dan konservasi bahan pustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Trenggalek. JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN (JIPER), 2(1).

Agustini, S. (2018).Strategi Pemeliharaan Bahan Pustaka di Perpustakaan Islam Masjid Agung Palembang (Doctoral dissertation, Program Studi Ilmu Perpustakaan).

Prabowo, T. T. (2015). Strategi Preservasi dan Konservasi Koleksi Terlarang Di BPAD Yogyakarta. Visi Pustaka, 17(1), 53-61.

Asaniyah, N. (2017). Pelestarian informasi koleksi langka: Digitalisasi, restorasi, fumigasi. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 85-94.

Sasmitasari, A. S. A., & Handayani, N. S. (2022). Strategi Preservasi dan Konservasi Bahan Pustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lamongan. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 6(1).

Fatmawati, E. F. E. (2018). Preservasi, konservasi, dan restorasi bahan perpustakaan. Libria, 10(1), 13-32.

Moleong, Lexy J. 1990. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Rosda Karya.

Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik.

Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Published

2023-06-30

How to Cite

Gidot, D., Koerniawati, T., & Sri Lestari, E. (2023). STRATEGI PRESERVASI BAHAN PUSTAKA TERCETAK DI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN BOYOLALI. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 6(1), 91–101. https://doi.org/10.30999/n-jils.v6i1.2656

Issue

Section

Articles

Citation Check