PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN PADA LAYANAN SIRKULASI DI KANTOR PERPUSTAKAAN UMUM DAERAH BOYOLALI

Authors

  • Alponsius Deomedes Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Albertoes Pramoekti Narendra Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Anton Hermawan Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/n-jils.v6i1.2653

Keywords:

persepsi pemustaka, kinerja pustakawan, layanan sirkulasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi pemustaka terhadap kinerja pustakawan dalam layanan sirkulasi di Kantor Perpustakaan Umum Daerah Boyolali. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 200 pemustaka yang menggunakan layanan sirkulasi dalam periode tertentu. Kuesioner tersebut mencakup pertanyaan mengenai responsivitas pustakawan, kecepatan pelayanan, kompetensi pustakawan, ketersediaan koleksi, dan lingkungan perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pemustaka memiliki persepsi yang positif terhadap kinerja pustakawan dalam layanan sirkulasi. Pemustaka merasa puas dengan tingkat responsivitas pustakawan dalam merespon pertanyaan dan permintaan mereka. Kecepatan pelayanan juga dinilai baik oleh pemustaka, dengan waktu tunggu yang minimal dalam proses peminjaman dan pengembalian buku.

References

Hardiansyah, Haris. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Ilmu Sosial.Jakarta:Salemba Humanika.

Iskandar. 2016. Manajemen dan Budaya Perpustakaan .Cet.1.Bandung : Refika Aditama

Moleong, Lexy J. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Perpustakaan Nasional. 2002. Pedoman Pembinaan Tenaga Fungsional Pustakawan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Poerwadarminta W.J.S. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahmat, Jalaludin. 2009. Psykologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saputro Widarsono, D. (2015). PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN PADA LAYANAN SIRKULASI DI KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH KABUPATEN TEGAL (Doctoral dissertation, UNDIP).

Subagyo, P. Joko. 2006. Managemen Penelitian: Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo-Basuki. 2006. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suwarno, Wiji. 2009. Psikologi Perpustakaan. Jakarta: Sagung Seto.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Wicaksono, G. S., & Ati, S. (2019). PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN PADA LAYANAN SIRKULASI DI KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH KABUPATEN BATANG. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 21-30.

Yanita, F., Permana, A., & Dani, D. E. (2013). Persepsi Pemustaka Terhadap Kinerja Pustakawan: Studi Kasus Layanan Sirkulasi Perpustakaan STIKES Widya Husada Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(1), 35-49.

Yusnidar, P. (2019). Persepsi Pemustaka Terhadap Pelayanan Sirkulasi pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mandailingnatal.

Published

2023-06-30

How to Cite

Deomedes, A., Pramoekti Narendra, A., & Hermawan, A. (2023). PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN PADA LAYANAN SIRKULASI DI KANTOR PERPUSTAKAAN UMUM DAERAH BOYOLALI. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 6(1), 74–90. https://doi.org/10.30999/n-jils.v6i1.2653

Issue

Section

Articles

Citation Check