ANALISIS BIBLIOMETRIK PERKEMBANGAN PENELITIAN BIDANG LITERASI ANAK (2012-2022) MENGGUNAKAN PUBLISH OR PERIS DAN VOSVIEWER

Authors

  • Reza Nawafella Alya Parangu UIN RADEN INTAN Lampung, Indonesia
  • Syarif Mahendra IAIN Metro, Indonesia
  • Irva Yunita UIN Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30999/n-jils.v5i2.2357

Keywords:

Bibliometrik, Google Scholar, Crossref, Children Literacy, Publish or Perish, VOSViewer

Abstract

This bibliometric research focuses on mapping research in the field of child literacy (Literasi Anak) based on Google Scholar and Crossref. This research was conducted to determine the development of research in the field of children's literacy. Data collection was carried out based on the Google Scholar and Crossref databases with the keyword child literacy, publication category is journal and the sample used is 1923 articles. Data collection was carried out using Publish or Perish (PoP) software to obtain accurate research development data. Data analysis was performed using VOSViewer. The results of the analysis show that the dominant research topics include children's literacy with its application in the world of education with a focus on children's habits and behavior. Research potentials and opportunities with the theme of child literacy include discussions on the use of technology in children's literacy. This research is still limited by utilizing Publish or Perish (PoP) in retrieving metadata from Google Scholar and Crossref and using VOSViewer to create mapping visualizations and clustering topics. Furthermore, this research can be a reference for other researchers who will research on the topic of children's literacy.

keyword: bibliometrik, google scholar, crossref, children literacy, publish or perish, vosviewer


ABSTRAK

Penelitian bibliometrik ini berfokus pada mapping riset bidang literasi anak berbasis Google Scholar dan Crossref. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan penelitian dalam bidang literasi anak. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan database Google Scholar dan Crossref dengan kata kunci literasi anak, kategori publikasi adalah jurnal dan sampel yang digunakan sebanyak 1923 artikel. Pengambilan data dilakukan menggunakan perangkat lunak Publish or Perish (PoP) untuk mendapatkan data perkembangan riset secara akurat. Analisis data dilakukan menggunakan VOSViewer. Hasil analisis menunjukkan Topik-topik riset yang dominan diantaranya tentang literasi anak dengan penerapannya di dunia pendidikan dengan fokus pada habit (kebiasaan) dan behavior (perilaku) anak. Potensi dan peluang riset dengan tema literasi anak mencakup pembahasan mengani pemanfaatan teknologi dalam literasi anak. Riset ini masih terbatas dengan memanfaatkan Publish or Perish (PoP) dalam mengambil metadata dari Google Scholar dan Crossref serta menggunakan VOSViewer untuk membuat visualisasi pemetaan dan pengklasteran topik-topik. Selanjutnya, penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi peneliti lain yang akan meneliti tentang topik literasi anak.


Author Biographies

Reza Nawafella Alya Parangu, UIN RADEN INTAN Lampung

Library and Information Science Lecturer

Syarif Mahendra, IAIN Metro

Librarian

Irva Yunita, UIN Raden Intan Lampung

Library and Information Science Lecturer

References

Antasari, I. W. (2016). “Dukungan Orang Tua Dalam Membangun Literasi Anak.” Edulib 6 (2): 138–46. DOI (PDF): https://doi.org/10.17509/edulib.v6i2.5025.g3573

Astuti, T. P. (2015). PERBEDAAN LITERASI EMERGEN ANAK TAMAN KANAK-KANAK DI DAERAH PERKOTAAN DAN PINGGIRAN. Jurnal Psikologi, 13(2), 107-119. https://doi.org/10.14710/jpu.13.2.107-119.

Barton, D. (2012). “Participation, Deliberate Learning and Discourses of Learning Online.” Language and Education 26 (2): 139–50. https://doi.org/10.1080/09500782.2011.642880.

Hewi, L. (2020). Pengembangan Literasi Anak Melalui Permainan Dadu Literasi Di TK AL-AQSHO Konawe Selatan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 112-124. doi:http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v8i1.7238.

Hidayatullah, S., Syihabuddin, S., & Damayanti, V. (2021). “Analisis Kebutuhan Media Literasi Berbasis Digital Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1190–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1183.

Inten, D. N. (2017). “Peran Keluarga Dalam Menanamkan Literasi Dini Pada Anak.” Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 (1): 23–32. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689.

Khoiriyah, N., Setiawan, A., Maziyya, N., & Jannah, E. (2022). Peningkatan Budaya Literasi Anak Sekolah Dasar Melalui Komunitas Peduli Membaca. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 29-36. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/kifah.v1i1.415

Kusuma, M. W. ., Larasati, W. ., Risma, F. V. ., Sari, N. ., & Agustin, U. V. S. . (2022). Pentingnya Penerapan Budaya Literasi Membaca dan Menulis Terhadap Prestasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 132–138. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5180

Novrani, A., Caturwulandari, D., Purwestri, D., & Annisa, I.F.E. (2021). “Pengembangan Literasi Untuk Anak Usia 5-6 Tahun,” 64. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20220709_130107.pdf.

Rosdiana, L.A., Sunendar, D., & Damaianti, V.S. (2021). “Tingkat Literasi Membaca Anak Selama Pembelajar Daring Saat Pandemi Covid-19.” Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 10(2), 161-168. https://doi.org/10.35194/alinea.v10i2.1420.

Sidik, Umar. 2020. “KESESUAIAN BAHAN BACAAN LITERASI EMERGEN DENGAN PEMBACA SASARAN.” Widyaparwa, 48 (2): 257–68. DOI: https://doi.org/10.26499/wdprw.v48i2.609

Yemmardotillah, M., & Indriani, R. (2021). “Literasi Digital Bagi Keluarga Milenial Dalam Mendidik Anak Di Era Digital.” Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.223.

Published

2023-02-10

How to Cite

Parangu, R. N. A., Mahendra, S., & Yunita, I. (2023). ANALISIS BIBLIOMETRIK PERKEMBANGAN PENELITIAN BIDANG LITERASI ANAK (2012-2022) MENGGUNAKAN PUBLISH OR PERIS DAN VOSVIEWER. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 5(2), 128–137. https://doi.org/10.30999/n-jils.v5i2.2357

Citation Check