PENGARUH PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Shanti Maulani, Putri Kesuma, Wiwin Widiawati

Abstract


This study aims to determine the effect of the use of library collections on student achievement at Akper Hospital. Dustira. The method in this study uses a combination method (mixed methods) with a concurrent embedded model (unbalanced mixture). Collecting data by distributing questionnaires given to students to determine the level of utilization of collections, and observations. The data analysis technique used triangulation through interviews to dig deeper information from students and leadership elements at the Hospital Akper. Dustira especially the finance department. The results showed that the use of library collections had an effect of 72.6% to 85.7% or an average of 80%. In addition, other factors were found that support the success of students who excel academically, namely the support from the leadership element by giving awards to outstanding students in the form of award certificates and achievement support funds. Outstanding students admit that giving rewards is a separate motivation to maintain the achievements that have been achieved and even improve their academic achievements.

Keywords: library collections; student achievement; Akper RS. Dustira


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan koleksi perpustakaan terhadap prestasi mahasiswa di Akper RS. Dustira. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mixed methods) model concurrent embedded (campuran tidak berimbang). Pengumpulan data dengan cara penyebaran angket diberikan pada mahasiswa untuk mengetahui tingkat pemanfaatan koleksi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi melalui wawancara untuk menggali informasi lebih dalam dari mahasiswa dan unsur pimpinan di Akper RS. Dustira khususnya bagian keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan koleksi perpustakaan memberikan pengaruh sebesar 72,6% hingga 85,7% atau rata-rata 80%. Selain itu ditemukan faktor lain yang mendukung keberhasilan mahasiswa berprestasi secara akademik yaitu adanya dukungan dari unsur pimpinan dengan memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi berupa piagam penghargaan dan dana dukungan prestasi. Mahasiswa berprestasi mengakui bahwa pemberian reward menjadi motivasi tersendiri untuk mempertahankan prestasi yang telah diraih bahkan meningkatkan prestasinya secara akademik.


 


Keywords


Koleksi Perpustakaan; Prestasi Mahasiswa; Akper RS. Dustira

References


Ilmiyah, T., & Ati, S. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Koleksi Local Content Terhadap Kegiatan Penelitian Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi/Tugas Akhir Di Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 1-9. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jip

Kurniawan, T. (2016). Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi Dalam Mengembangkan Repositori Institusi. Pustakaloka, 8(2), 231-243. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v8i2.683

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Pradita, Y. ( 2016). Pengaruh Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Sekolah terhadap Prestasi Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah Kadisoka Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Retrieved October 01, 2020, from http://eprints.uad.ac.id/5299/1/MAKALAH%20PERPUSTAKAAN%20dita.pdf

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. 29 Januari 2020. Retrieved from https://lldikti13.kemdikbud.go.id/2020/01/29/peraturan-menteri-pendidikan-dan-kebudayaan-republik-indonesia-nomor-3-tahun-2020-tentang-standar-nasional-pendidikan-tinggi/

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2017). Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi. Retrieved October 01, 2020, from https://jdih.perpusnas.go.id/file_peraturan/ Perka_13_2017_SNP_Perpustakaan_Perguruan_Tinggi.pdf

___________. (2019). Data Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Retrieved October 01, 2020, from https://data.perpusnas.go.id/?r=direktori/perpustakaan-perguruan-tinggi.

Prayantini, N.L.D., Nuridja, I.M., & Indrayani, L. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Undiksha dalam Menunjang Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Angkatan 2010-2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.2023

Rizki, J. W. S. (2013). Optimalisasi Fungsi Perpustakaan Perguruan Tinggi Melalui Peran Pustakawan. Al-Kuttab: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(2): 105-117. Retrieved from http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/377/1/14-57-2-PB.pdf

Standar Nasional Pendidikan Tinggi. 2020. Retrieved October 02, 2020, from https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Salinan%20PERMENDIKBUD%203%20TAHUN%202020%20FIX%20GAB.pdf

Suciati, U., & Rahayu, D. (2018). Persepsi Pemustaka terhadap Pemanfaatan Perpustakaan Perguruan Tinggi: Sebuah Analisis Korelasi. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science,2(2), 243-266. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v2i2.243-266

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (mixed Methods). Bandung: Alfabet.

Syam, R.Z.A. (2019). Pendayagunaan Koleksi Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SD Negeri Pasirangin Kabupaten Sukabumi. Nusantara Journal of Information and Library Studies, 2(1), 103-116. http://dx.doi.org/10.30999/n-jils.v2i1.520

Syam, R. Z. A., Indah, R. N., & Fadhli, R. (2021). Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Informasi Guru dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di Madrasah Aliyah. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 5(1), 151-169. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v5i1.151-169

Uno, B. H. (2014). Teori Motivasi & Pengukurannya. Personnel Review.

Wahyuni, Sri. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan terhadap Prestasi Siswa di SMA Negeri 74 Jakarta. Retrieved October 02, 2020, from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49636

Wahyuntini, S. (2020). Intensitas Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Bagi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Project Report. Retrieved October 02, 2020, from http://digilib.isi.ac.id/8452/

Zubaedi, A. (2020). Kebijakan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Kabupaten Tebo. Tesis Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Retrieved October 02, 2020, from http://repository.uinjambi.ac.id/4741/




Indexed By:  

 

 

Creative Commons License

Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS)
Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi,
Universitas Islam Nusantara
Jln. Soekarno-Hatta No.530, Sekejati, Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat, 40286
Email: jils.uninus@gmail.com

Statistik Kunjungan