PELAKSAAAN KONSELING KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN KARAKTER MAHASISWA PLB FKIP UNINUS BANDUNG

Authors

  • Ayi Najmul Hidayat Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v4i2.905

Keywords:

Pelaksanaan Konseling Kolaboratif, Karakter Mahasisawa.

Abstract

Kurang berhasilnya pelaksanaan konseling pada mahasiswa PLB FKIP Uninus Bandung salah satunya dikarenakan belum adanya konseling yang dilaksanakan berdasarkan kompetensi dan kerjasama. Oleh karena itu, diperlukan penerapan konseling yang dapat mengembangkan kompetensi dan kerjasama dengan mahasiswa PLB FKIP Uninus Bandung. Tujuan penelitian ini, tersusunnya model hipotetik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan metodanya deskriptif. Subjek penelitian adalah dosen dan mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa merasa meningkat nilai-nilai karakternya terutama berkaitan dengan nilai kreatif, tanggung jawab, jujur, kerja keras, menghargai prestasi orang lain, peduli sosial, demokratis, dan bersahabat. Adapun komponen model hipotetik pelaksanakan konseling kolaboratif untuk meningkatkan karakter mahasiswa FKIP Uninus Bandung, terdiri dari : rasionalisasi, tujuan, materi layanan konseling kolaboratif, persyaratan untuk melaksanakan konseling kolaboratif, teknik konseling kolaboratif, dan evaluasi. Data dianalisis secara kualitatif.

References

Bertolino Bob & O’Hanlon Bill. (2002). Collaborative, Competency-Based Counseling and Therapy. Allyn & Bacon.

Depdiknas. (2010). Buku Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter. Jakarta

Frans & Bursuck (1996:74) Frans & Bursuck W.(1996) Including Studenta With Special Needs, Boston A 8 B.

Motensen , D.G. and Schmuller, A.M., (1964). Guidance in Today Schools. New York: John Willey & Sons Inc.

Rochman Natawidjaja. (1990). Fungsi Profesionalisasi Bimbingan karir dalam Pendidikan. Pada FIP IKIP Bandung.

Schmidt, John J. (2003). Counseling in School: Essential Service and Comprehensive Programs. Boston: Library of Congress Cataloging

Downloads

Published

2020-07-21

Issue

Section

Articles