MENGAJARKAN MEMBACA SUKU KATA BAGI ANAK DENGAN AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD) MENGGUNAKAN PENDEKATAN SIGHT WORD READING

Authors

  • Yoga Budhi Santoso Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v4i2.904

Keywords:

Autism Sepctrum Disorder, Sight Word Reading, Membaca suku kata

Abstract

Pendekatan sight word reading adalah pendekatan membaca dengan memori. Pendekatan ini merupakan pendekatan kata utuh yang mengkatikan langsung antara tulisan dengan maknanya. Penelitian ini merupakan studi kasus dalam mengajarakan membaca suku-kata bagi seorang anak dengan autism sperctrum disorder (ASD) dengan menggunakan pendekatan sight word reading. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efek dari penggunaan pendekatan sight word reading dalam pembelajaran membaca suku kata yang diterapkan pada seorang anak dengan ASD berumur 6 tahun. Metode yang digunakan adalah single subject disaindengan desain A-B untuk melihat efek dari pendekatan yang digunakan. Sebelum studi dimulai anak diajarkan untuk memberikan repons verbal  pada 5 kartu yang suku katanya akan diajarkan (bo-la, bi-ru, bu-ku, ka-ki, dan ku-da). Ketika anak sudah mulai bisa memasangkan tulisan kata pada kartu yang memiliki tulisan dengan benar, dilakukan fading dengan cara menghilangkan tulisan yang menempel pada kartu. Seteleh anak dapat melakukannya, selanjutnya anak belajar memasangkan suku kata untuk membentuk kata sesuai kartu yang ditunjukkan. Setelah anak belajar selama 15 sesi belajar yang tiap sesinya hanya 5-10 menit, anak dapat melabel 8 suku kata dengan benar dari 9 suku kata yang diajarkan. Mengingat bawa penelitian ini merupan studi kasus, walaupun pendekatan ini berhasil meningkatkan kemampuan membaca suku-kata anak dengan ASD yang menjadi partisipan, namun belum tentu pendekatan ini akan berhasil diterapkan pada anak lainya dengan usia dan latar yang berbeda.

References

Bround, L. T., & Oelwein, P. (2007) Literacy Skill Development for Students with Special Learning Needs: A Strenght- Based Approach. National Professional Resources Inc. New York.

Brown, H. M., Cardy J. O., & Johnson A. (2012) A Meta-Analysis of the Reading Comprehension Skills of Individuals on the Autism Spectrum. Springer Science+Business Media, LLC

Carberry, T. A. (2014) Teaching Reading Comprehension to Students with High Functioning, Autism Spectrum Disorder: A Review of the Literature. Graduate Annual: V ol. 2, Article 7.

Chiang, H. M., & Lin, Y. H. (2007) Reading Comprehension Instruction for Students With Autism Spectrum Disorders: A Review of the Literature. Focus On Autism And Other Developmental Disabilities Volume 22, Number 4

Chandler-Olcott, K. & Kluth, P. (2009). Why Everyone Benefits From Including Students With Autism in Literacy Classrooms. The Reading Teacher, 62(7), pp. 548–557

Crosland, K. & Dunlap, G. (2012) Effective Strategies for the Inclusion of Children With Autism in General Education Classrooms. Behavior Modification 36(3) 251 –269

Crossley, R. (1993). Literacy and facilitated communication training. Facilitated Communication Digest, 1(2), 12-13.

Ehri, L. C. (2005). Development of sight word reading: Phases and findings.

Harjasujana, A. S., & Mulyati, Y. (1996). 1997. Membaca 2 (Program Penyetaraan D-III Guru Sekolah Menengah Pertama).

Hogan, T., Bridges, M. S., Justice, L. M., & Cain, K. (2011) Increasing Higher Level Language Skills to Improve Reading Comprehension. Focus on Exceptional Children, Volume 44, Number 3, pp. 1-20.

Matson, J. L. (2009) Applied Behavior Analysis for Children with Autism Spectrum Disorders. Springer Science & Business Media.

Matson, J. L., &Sturmey, P. (Eds.).(2011). International handbook of autism and pervasive developmental disorders.Springer Science & Business Media.

McEachin, J., Smith, T., & Lovaas, O. (1993). Long-term outcome for children with autism who received early intensive behavioral treatment. American Journal on Mental Retardation, 97, 359–372

Moore, E. R. & Sudduth, L. E. (2014) Reading Instruction For Nonverbal Students With Autism Or Selective Mutism. California State University, Sacramento.

Randi, Judi (2010). Teaching Children with Autism to Read for Meaning: Challenges and Possibilities, Journal Autism Developmental Disorder. Springer Science+Business Media.

Sanders, M. C. (2012) Comparative Efficacy Of Reading Interventions For Children With Autism Spectrum Disorder. Northern Michigan University.

Sheinkopf, S., & Siegel, B. (1998). Home based behavioral treatment of young children with autism. Journal of Autism and Developmental Disorders, 28, 15–23

Smith, T., Buch, G., & Gamby, T. (2000). Parent-directed, intensive early intervention for children with pervasive developmental disorder. Research in Developmental Disabilities, 21, 297–309.

Willi, J. (2008) Teaching the Brain to Read Strategies for Improving Fluency, Vocabulary, and Comprehension. Association for Supervision and Curriculum Development Alexandria, Virginia USA.

Whitman, T. L. (2000). The development of autism: A self-regulatory perspective. Jessica Kingsley Publishers.

Downloads

Published

2020-07-21

Issue

Section

Articles