MODUL TIME TOKEN AROUND UNTUK PEMERATAAN KESEMPATAN BICARA PADA ANAK TUNANETRA DI SLB

Authors

  • Teti Ratnawulan Universitas Islam Nusantara
  • Hendri Abdul Qohar Universitas Islam Nusantara
  • R. Hery Supriady Barkah Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v4i2.903

Keywords:

Model Time Token Around, Pemerataan Kesempatan Bicara, Anak Tunanetra

Abstract

Penugasan Dosen di sekolah adalah salah satu alternative  untuk mendekatkan pengalaman atau capaian pembelajaran di LPTK dengan keadaan nyata praksis pembelajaran di sekolah, agar dosen menjadi role model yang sesungguhnya. Berdasarkan hasil observasi di kelas guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu, tetapi dalam penggunaan media  belum mengoptimalkan  media  sehingga diperlukan media pembelajaran untuk membantu meningkatkan aktivitas  proses dan hasil pembelajaran. Dalam penggunaan metode Tanya jawab pada mata pelajaran Bahasa Sunda didominasi oleh salah seorang anak, sehingga terjadi ketimpangan atau perbedaan kemampuan siswa satu dengan yang lainnya (Peserta didik Tunanetra  3 orang kelas XI). Setelah diadakan refleksi pada KD 1 dan KD 2 dalam materi carita wayang dan dongeng,  maka penerapan model time token around (TTA) 2 kartu dan 4 kartu materi tidak dikuasai oleh hanya satu orang saja, atau terjadi pemerataan bicara saat proses belajar. Dari hasil aplikasi model TTA membuktikan peserta didik yang banyak bicara sudah kehabisan kartu dan ahirnya yang lain ada kesempatan untuk bicara sesuai dengan banyaknya kartu, satu kartu 30 detik untuk  bicara  (bercerita wayang dan mendongeng atau bertanya /menanggapi). Dengan demikian model TTA membuktikan dapat memberi kesempatan bicara pada peserta didik saat proses belajar dan meningkatkan aktivitas seluruh peserta didik Tunanetra serta hasil refleksi menyatakan akan diaplikasikan pada mata pelajaran lainnya pada anak Tunanetra.

References

Tarsidi, Didi (2002). Pengantar tentang Ketunanetraan, diterjemahkan

untuk melengkapi sumber kepustakaan mata kuliah Ortopedagogik

Tunanetra I. Bandung: Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Universitas

Pendidikan Indonesia.

Rudiyati, Sari., 2009. Latihan Kepekaan Dria Non-Visual bagi Anak Tunanetra.

Jurnal Pendidikan Khusus, 5 (2), h. 55-67.

Arends, R.I & A. Kilcher. (2010). Teaching for Student Learning: Becoming an Accomplished Teacher. New York dan London: Rotledge Taylor & Francis Group

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer; Suatu Tinjauan

Konseptual Operasional. Cetakan I. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, Nanang & Cucu, Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Refika

Aditama. Bandung

https://www.academia.edu/5269460/makalah_tuna_netra?auto=download

Downloads

Published

2020-07-21

Issue

Section

Articles