PENGEMBANGAN PROGRAM KESIAPAN MEMBACA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II DI SLB BINA NUSANTARA I GANEAS KABUPATEN SUMEDANG

Authors

  • Indiah Wisjnu Sulistyorini Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v4i2.901

Keywords:

Kesiapan Membaca, Anak Tunagrahita

Abstract

Anak tunagrahita ringan banyak yang lancar berbicara tetapi kurang perbendaharaan kata-katanya, mereka mengalami kesukaran berpikir abstrak, tetapi mereka masih dapat mengikuti pelajaran akademik baik di sekolah biasa maupun di sekolah khusus. Berlatarbelakang permasalahan di atas, penulis ingin mengadakan penelitian yang dirumuskan dengan judul penelitian sebagai berikut : “Pengembangan Program Kesiapan Membaca Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas II di SLB Bina Nusantara I Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan kenyataan yang diperoleh bahwa masih minimnya sarana dan prasarana sekolah baik dari segi kualitas maupun kuantitas seperti masih kurangnya ruangan khusus dan minimnya alat peraga. Rekomendasi ditujukan kepada kepala sekolah agar terciptanya situasi serta kondisi Kegiatan Belajar Mengajar (KMB) yang kondusif sarana dan prasarana di sekolah ditingkatkan sesuai dengan kemampuan sekolah, dengan menambah waktu latihan dan kelengkapan alat peraga.

References

Abdurrahman, Mulyono. (1996). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Guru.

Amin, Moh (1995). Ortopedagogik ATG Depdikbud. Jakarta:.Dirjen Dikti.

Astati (2001). Persiapan Pekerjaan Penyandang Tunagrahita. Bandung : CV. Pandawa.

Moleong, Lexy J. (1993). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya

Rahmi Farida (2007). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Redaksi Bumi Aksara (1991). Undang-undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Somantri, T. Sutjihati. Psikologi ALB. Bandung : PT. Refika Aditama.

Susanto, J. (2006). Pengajaran ABK Dalam Seting Inklusi Menteri Diklat. Bandung/BPG.

Tarigan, Henry Guntur (1997). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Tersedia : http//www.google.com. (2010). Persepsi Auditif.

Downloads

Published

2020-07-21

Issue

Section

Articles