PENYUSUNAN INSTRUMEN ASESMEN ORDERING BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II DI SLB YPDP BANDUNG

Authors

  • Euis Nani Mulyati Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v4i2.900

Keywords:

Instrumen Asesmen, Kognitif Dasar, Ordering, Anak Tunagrahita Ringan.

Abstract

Penelitian ini didasari oleh masalah tidak adanya instrumen asesmen kognitif dasar tentang ordering bagi anak tunagrahita ringan, karena itu penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang penyusunan instrumen asesmen kognitif dasar ordering bagi anak tunagrahita ringan. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui observasi,wawancara dan studi dokumentasi hasilnya peneliti olah dengan menggunakan analisis induktif. Penyusunan instrumen asesmen kognitif dasar tentang ordering yang telah disusun mencakup materi, metode, waktu dan media. Adapun yang perlu ditambahkan dalam penyusunan instrumen asesmen ini adalah penggunaan media yang lebih konkret serta pengurangan obyek menjadi 2 obyek berdasarkan pola ukuran bentuk dan warna. Direkomendasikan kepada guru untuk mengimplementasikan hasil instrumen asesmen kognitif dasar tentang ordering yang telah disusun dan divalidasikan.

References

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Astati, Mulyati Lis. 2011. Pendidikan Anak Tunagrahita.Bandung: CV. Amanah Offset.

Departemen Pendidikan Nasional. 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Soendari Tjutju, Mulyati Euis Nani. 2011. Asesmen Pendidikan Berkebutuhan Khusus. Bandung: CV.Amanah Offset.

Somantri,T.Sujihati. 2006.Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika. Aditama. Noor, Hasanuddin.

Sugiyono.2010.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih.2011. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia.

Downloads

Published

2020-07-21

Issue

Section

Articles