UPAYA ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN ALAT-ALAT ELEKTRONIK BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III SMPLB DI SLB MUHAMMADIYAH KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Indiah Wisjnu Sulistyorini Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v5i1.896

Keywords:

Anak Tunagrahita, Upaya, Alat Elektronik

Abstract

Pemberian bantuan yang sesuai kebutuhan sangat diperlukan agar potensi yang dimiliki anak tunagrahitaringan dapat berkembang secara optimal.Orang tua sebagai orang terdekat dengan anaknya memegang peranan yang sangat penting. Peneliti ingin mengetahui usaha apa saja yang dilakukan orang tua dalam meningkatkan kemampuan penggunaan alat elektronikrice cookerbagi anak tunagrahita ringan.Program Bina Diri memiliki peran sentral dalam mengantarkan anak mandiri dan menjadi dirinya sendiri, seperti merawat diri, mengurus diri, menolong diri sendiri, komunikasi dan adaptasi dengan lingkungan sesuai dengan kemampuannya. Dalam penelitian ini Penelitigunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatifuntuk mencapai tujuan penelitian ini, maka peneliti analisis data yang terkumpul, kemudian menarik kesimpulan dengan menggeneralisasi hasil pengamatan, wawancara serta studi dokumentasi. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa orang tua sudah berupaya untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menggunakan alat elektronik rice cooker sesuai dengan keadaan dan kemampuan orang tua serta anaknya masing-masing.dan ada kesulitan yang dihadapi dari masing-masing orang tua maupun anaknya.

References

Abdurrahman, M dan Sudjadi. (1994). Pendidikan Luar Biasa Umum. Jakarta: Departemen Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Astati dan Nani, E. (2001) Pendidikan Luar Biasa di Sekolah Umum. Bandung: CV Pendawa.

Kamus Besar Bahasa Indonesia ( 2003) Jakarta : Departemen Pendidikan Republik Indonesia.

Nana Sarjana (1991) Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: CV Pendawa

UUD 1945 dan Amandemennya (2004). Surakarta: Pustaka Mandiri.

UU RI No. 20 Tahun 2003: Sistem Pendidikan Nasional

Meleong, L.J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Nasution S.(2003). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Somantri. (2006). Psikologi anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Arikunto. (2005) Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Poerwadarminta, WJS. (1987) Kamus mum Bahasa Indonesia. Jakarta : balai Pustaka.

Abdurahman (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Amin (1995) Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Bandung: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan

Downloads

Published

2020-07-20

Issue

Section

Articles