ANALISIS HAMBATAN PERKEMBANGAN BELAJAR PADA SISWA LEARNING DISABILITIES DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA

Authors

  • Ayu Rahayu Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Dinar Westri Andini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Retno Utaminingsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v5i1.894

Keywords:

Hambatan Perkembangan Belajar, Learning Disabilities, SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan perkembangan belajar anak learning disabilities di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD SD Tamanmuda Ibu Pawiyatan Kota Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas II semester genap tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif yang terdiri dari 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat satu siswa dengan hambatan perkembangan belajar learning disabilities. Siswa tersebut menunjukkan kemampuan yang masih kurang dalam membaca, menulis, dan berhitung. Siswa tersebut membutuhkan latihan secara intensif dan bimbingan untuk menulis huruf, suku kata, dan kalimat agar nantinya dapat menulis karangan atau paragraf dengan baik.

References

Annisa Rahmayanti. 2015. Layanan Guru bagi Siswa Lamban Belajar di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gadingan Wates, Skripsi. Yogyakarta: FKIP UNY

Cousik, R. (2015). Research-Based Strategies for Students with Learning Disabilities: Focus on Phonics and Fluency. Indiana University - Purdue University

Hallhan, D.F. , Kauffman, J.M., & Lloyd, J.W,. 1985. Introduction to Learning Disabilitis, New Jersey : Prentice-Hall Inc

Konvensi International tentang Hak Anak 1989

Mehmet Aydeniz, David F. Cihak, Shannon C. Graham, Larryn Retinger tahun 2012 dengan judul “Using Inquiry-Based Instruction For Teaching Science To Students With LearningDisabilities”

Peraturan Gubernur No.21 tahun 2013

Retno Utaminingsih, Ayu Rahayu. 2015. Profil Pembelajaran IPA di SD Taman Muda se Kota Yogyakarta, Laporan Penelitian Dosen Pemula. Yogyakarta: LP2M Universitas SarjanawiyataTamansiswa

Saktya Rini Hastuti, https://www.solider.or.id/2014/02/24/pendidikan-inklusi-di- yogyakarta-penghargaan-dan-kenyataan , diakses 31 Maret 2017

Siti Anafiah, Dinar Westri A. 2017. Pelaksanaan Pendidikan Inklusi di Kota Yogyakarta: Laporan Penelitian. Yogyakarta: LP3M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Sri Umi Hidayati. 2013. Pelaksanaan Pembelajaran IPA untuk Siswa Tuna Grahita di SD N Jatisarono dan SDLB PGRI Nanggulan Desa Jatisarono Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013: Skripsi. Yogyakarta: FST UIN SunanKalijaga

Undang Undang Dasar Republik Indonesia 1945

Zigmond, N. 2003. Learning disabilities from an educational perspective. In Better understanding learning disabilities: New views from research and their implications for education and public policies pp.

Downloads

Published

2020-07-20

Issue

Section

Articles