PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KEMAMPUAN KINESTETIK BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV DI SLB YPDP KOTAMADYA BANDUNG

Authors

  • Euis Nani Mulyati Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v5i1.893

Keywords:

Instrumen Asesmen, Kinestetik, Anak Tunagrahita

Abstract

Anak tunagrahita memiliki kecerdasan intelektual di bawah rata rata secara signifikan yang berdampak pada kurangnya kemempuan dalam berfikir abstrak, sehingga anak mengalami kesulitan dalam belajar akademik. Dengan kondisi seperti ini, guru harus mengupayakan optimalisasi potensi dalam aspek kecerdasan yang lain sebagai kompensasi yang akan membantu anak tunagrahita mengatasi permasalahannya terutama dalam belajar, salah satunya adalah pengembangan aspek kinestetik. Dalam upaya pengembangan potensi yang dimiliki anak khususnya kemampuan kinestetik, guru membutuhkan data/informasi tentang kebutuhan dan masalah yang digadapi anak, yang akan menjadi dasar dalam merancang program pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan melalui asesmen. Dalam penelitian inipeneliti dapat berkolaborasi dengan guru untuk mengembangakn instrumen asesmen kemampuan kinestetik bagi anak tunagrahita ringan . Pemilihan materi dilandasi hasil temuan awal bahwa instrumen asesmen di SLB YPDP kota Bandung belum tersusun secara terperinci dan para guru belum melaksanakan asesmen secara terprogram. Penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, semiloka dan validasi, yang akan menghasilkan instrumen asesmen kinestetik sebagai penyempurnaan dari instrumen yang ada di lembaga tersebut. Peneliti merekomendasikan kepada guru dan kepala sekolah untuk mengimplementasikan instrumen asesmen yang telah dikembangkan dalam penelitian ini

References

Abdurrahman, Mulyono (2003). Pendidikan Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rine Cipta.

Astati dan Mulyati (2010). Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung: CV Catur Karya Mandiri.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1995). Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Direktorat Pendidikan Luar Biasa (2004). Mengenal Pendidikan Terpadu. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Depdiknas.

Perwadarminta, WJS (1994). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Salvia, John & Ysseldyke, James E. (1985). Assement in Special and Remedial Education. Third Edition. Boston: Houghton Mifflin Company.

Soendari, Tjutju dan Mulyati, Euis Nani (2010). Asesmen dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: CV Catur Karya Mandiri.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Downloads

Published

2020-07-20

Issue

Section

Articles