IMPLEMENTASI METODE DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG DALAM IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS USIA DINI

Authors

  • Eka Yuli Astuti Universitas Islam Nusantara
  • Dianti Yunia Sari Universitas Islam Nusantara
  • Angger Saloko Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v5i2.884

Keywords:

Deteksi Dini, Anak Berkebutuhan Khusus, Kartu Tumbuh Kembang

Abstract

Pemantauan tumbuh kembang anak pada masa usia dini sangat penting untuk dilakukan dalam upaya mendeteksi  dan mengidentifikasi secara dini apabila terjadi keterlambatan atau kelainan perkembangan. Tahapan atau proses deteksi ini merupakan langkah awal bagi penanganan selanjutnya apabila anak tersebutdi identifikasi sebagai anak berkebutuhan khusus. Tindakan intervensi pada usia dini dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya dan meminimalisir dampak dari kelainan atau hambatan perkembangannya. Di Desa Tenjolaya Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung, masyarakat sekitar dan guru Pendidikan Anak Usia Dini  memiliki pemahaman yang  masih rendah tentang anak berkebutuhan khusus dan bagaimana cara penanganannya.  Oleh karena itu penelitian ini ingin mengetahui bagaimana pengetahuan para guru pada jenjang pendidikan anak usia dini serta para kader posyandu dan juga masyarakat pada umumnya mengenai anak berkebutuhan khusus, bagaimana karakteristiknya serta bagaimana penggunaan kartu tumbuh kembang dalam melakukan deteksi dini. Kartu ini digunakan untuk melakukan observasi pada anak  dan dilengkapi dengan check list tanda-tanda waspada akan adanya hambatan atau kelainan yang akan memandu para guru dan kader posyandu untuk segera menemukenali adanya hambatan atau kelainan perkembangan tersebut. Pada pelaksanaanya para guru paud dan kader posyandu dapat melakukan deteksi dini hambatan perkembangan pada anak dengan menggunakan kartu tumbuh kembang.

References

Alimin. Z, Sugiarmin, Baihaqi.M. (2013). Layanan Pendidikan Inklusi, Pegangan bagi Pelatih. Save the children dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Barnawi dan Wiyani N. (2012) Format PAUD, Konsep, Karakteristik dan Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Desmita. (2010) Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Fraenkel, J.R., Wallen, N. E. & Hyun, H.H. (2012). How to design and evaluate research in education. (edisi kedelapan). New York: McGraw-Hill Publishing Company

Hildayani, R. (2009) Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Ismail Djauhar (2008) Deteksi dini tumbuh kembang anak. Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada. Tersedia pdf

Mahabatti, Aini.(2013) Deteksi Hambatan Tumbuh Kembang AnakUsia Dini . Disampaikan dalam Pelatihan Peran Kader Posyandu di Puskesmas Pleret Bantul. Tersedia pdf.

Meier, Dave. (2002) The Accelerated Learning: Handbook. Bandung: Kaifa

Neuman, W. L. (2003). Social Research Methods. USA: Pearson Education

Silverman, D. (2001) Interpreting qualitative data: methods for analyzing talk, text and interaction. London: SAGE Publications Ltd.

Unicef-WHO (2012) Early Childhood Development and Dissability; A Discussion Paper. WHO Library Cataloguing-in-Publication Data

Downloads

Published

2020-07-10

Issue

Section

Articles