PENGARUH PENGGUNAAN TEXT BACAAN PADA VLOG UNTUK ANAK TUNARUNGU RINGAN DALAM KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI CERITA

Authors

  • Dwi Endah Pertiwi Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v5i2.882

Keywords:

Tunarungu, Membaca Pemahaman, Teks Bacaan Vlog.

Abstract

Pada saat ini tekhnologi dunia sudah memasuki era digital dan komputerisasi dimana banyak sekali informasi yang bisa didapat dengan mudah. Dengan perkembangan peradaban tekhnologi ini sangat membantu khalayak banyak untuk mengakses dan menikmati sebuah informasi dan berita. Dengan majunya tekhnologi semua kalangan bisa menikmatinya, begitu juga dengan Anak Bekebutuhan Khusus mereka bisa mengakses informasi dengan mudah. Salah satu trend yang sedang menjamur dalam era informasi belakangan ini adalah vlog. Berdasarkan latarbelakang tersebut, maka penulis mencoba melakukan observasi kesebuah sekolah khusus tunarungu. Penulis melakukan wawancara kebeberapa siswa yang duduk dibangku SMPLB. Peneulis menanyakan secara garis besar apakah mereka mengetahui apa itu vlog. Dan rata-rata mereka awalanya tidak megetahui apa itu vlog tetapi ketika dijelaskan vlog adalah salah satu “video” yang ada di youtube mereka langsung mengiyakan bahwa mereka suka menonton vlog. Ketika ditanya konten apa yang sering mereka lihat, jawaban mereka bervariasi ada yang suka olahraga, makanan, cerita jalan-jalan dan sebagainya. Lalu peneliti menanyakan kepada mereka apa isi cerita dan apa mereka tahu dari vlog yang mereka lihat tersebut dan jawaban rata-rata dari mereka ada yang bilang tahu dan ada yang hanya tersenyum saja. Berdasarkan latar belakang masalah maka dikemukakan rumusan masalah sebagai berikut: 1). Bagaimanakah kemampuan ATR dalam memahami isi vlog yang belum tersedia text bacaan?, 2). Apakah ada pengaruh dalam memahami isi vlog yang sudah tersedia text bacaan? Dari hasil penelitian dan hasil pengolahan data maka dapat dilihat bagaimana pengaruh text bcacaan di vlog terhadap kemampuan memahami isi cerita pada anak tunarungu. Dari hasil grafik mean yang ditunjukkan kepada empat orang subjek yang masing-masing diberikan vlog lalu siswa diberikan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan isi vlog yang diberikan, kemudian siswa diperintahkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan maka hasilnya adalah ada tiga orang subjek yang memiliki skor 90% dan satu orang skor 80%. Berdasarkan seluruh hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa bahwa pengaruh penggunaan text bacaan pada vlog untuk anak tunarungu ringan sangat berpengaruh pada kemampuan anak memahami isi cerita atau jalan cerita vlog tersebut sehingga diharapkan para vlogger yang mengupload konten video harus disertakan text bacaan agar anak tunarungu bisa menikmati isi cerita atau jalan cerita yag ingin disampaikan para pembuat vlog tersebut.

References

Bintoro,T. (1999). Perkembangan Bahasa dan Kaitannya Dengan Pengajaran Bagi Anak Tunarungu. Jakarta:Depdikbud.Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1999). Berbagai Metode Komunikasi Pengajaran Bahasa Dalam Pendidikan Anak Tunarungu. Jakarta: Depdikbud Diterbitkan). Bandung.Fauzi, AM. (2012). Kecepatan Membaca. [Online]. Tersedia: http://sahabatkinoy.wordpress.com/2012/02/25/mengukur-kecepatan-membaca/ [30 April 2013].[Online]. Tersedia : kaiamedia.com/pengertian-vlog [17 Juli 2018]

Downloads

Published

2020-07-10

Issue

Section

Articles