PENERAPAN PERMAINAN DADU KATA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA BAGI ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS II SDLB DI SLB YPLAB LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Prinanda Gustarina Ridwan Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v5i2.880

Keywords:

Keterampilan Berbahasa, Anak Tunagrahita Sedang, Penerapan Permainan Dadu, Kata Bergambar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran penerapan permainan dadu kata bergambar dalam pembelajaran keterampilan berbahasa. Subjek dalam penelitian ini lima orang anak tunagrahita sedang kelas II dan satu orang guru di SLB YPLAB LEMBANG. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melaksanakan proses pembelajaran mulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap tindak lanjut. Pembelajaran menggunakan penerapan permainan dadu kata bergambar yang dilakukan dapat membantu anak melatih keterampilan bahasa ekspresif dan reseptifnya. Permainan dadu kata bergambar dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan berbahasa bagi anak tunagrahita sedang kelas II SDLB. Rekomendasi yang ditujukan kepada pihak terkait, guru senantiasa dituntut untuk terus mengembangkan kemampuan dan potensi anak serta sekolah senantiasa memfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang akan membantu proses belajar anak.

References

Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alwi, Hasan. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Amin. Moh. (1995).Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Bandung. Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi.

Apriyanto, N. (2012). Seluk Beluk Tunagrahita dan Strategi Pembelajarannya. Yogyakarta: Javalitera.

Astati & Mulyati Lis. (2010). Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung: CV Catur Karya Mandiri.

Aziz, Safrudin. (2015). Pendidikan Seks Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Gava Media.

Delphie, Bandi. (2006). Penyebab Kelainan Keterbelakangan Mental. Bandung: Rizqi Press.

Depdikbud. (1999). Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Jakarta: Balai Pustaka.

Harun Rasyid, Mansur & Suratno. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Perindo.

Muhaimin, Suti’ah, dan Sugeng Listyo Prabowo (2009). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Mumpuniarti. (2007). Pembelajaran Akademik Bagi Tunagrahita. Yogyakarta: FIP UNY.

Pruthi, Gauri. (2007). Language Develompent in Children with Mental Retardation. National Counsil of Educational Reserch and Training.

Rochyadi, E. (2005) Media Pembelajaran Bagi Anak Tunagrahita. Bandung: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Soemantri, T. Sutjihati. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Soeparno. (1988). Media Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: PT. Intan Pariwara.

Sugiyono. (2008). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunardi & Sunaryo. (2006). Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.

Suyanto, Slamet. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Syamsu, Yusuf . (2007). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yuwono, Joko. (2009). Memahami Anak Autistik. Alfabeta: Bandung.

Downloads

Published

2020-07-10

Issue

Section

Articles