PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN MENGENAI KLASIFIKASI BENTUK GEOMETRI BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V DI SLB B-C YPDP KOTA BANDUNG

Authors

  • Euis Nani Mulyati Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v5i2.879

Keywords:

Instrumen Asesmen, Bentuk Geometri, Tunagrahita Ringan

Abstract

Asesmen klasifikasi bentuk geometri perlu dilakukan sebelum merancang program pembelajaran mengenai klasifikasi bentuk geometri yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak tunagrahita ringan yang memiliki keterbatasan kecerdasan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pengembangan instrumen asesmen mengenai klasifikasi bentuk geometribagi anak tunagrahita ringan kelas V. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan penedekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan semiloka.Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak tunagrahita mampu mengklasifikasikan bentuk geometri dengan baik akan tetapi instrumen yanga ada masih belum memadai sehingga peneliti dan guru mengembangkan instrumen asesmen mengenai klasifikasi bentuk geometri dan divalidasikan kepada guru di dua sekolah yang berbeda. Direkomendasikan kepada para pelaksana pendidikan guna merumuskan instrumen asesmen berdasarkan kurikulum.

References

Astati dan Mulyati, Lis.(2010). Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung: CV. Catur Karya Mandiri.

Astati dan Mulyati, Lis. (2011). Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung: Amanah Offest

Depdikbud.(1991).KamusBesarBahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPustaka.

Hasnani, Nuri (2009) Rumus-Rumus Penting dan Contoh Soal Matematika SD. Bandung: Kesuma Smart Media

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nani M, Euis. (2011). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (Pengantar). Bandung: CV. Amanah Offset.

Nazir, M. (1998). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia: Jakarta

Prastowo, A. (2011). Metode Pendidikan Kualitatif Dalam Presektif Rencana Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Soendari,Tjuju dan Nani M. Euis (2010), Asesmen dalam Anak BerkebutuhanKhusus. Bandung:CV.Catur Karya Mandiri

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, cv.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Cemerlang

Downloads

Published

2020-07-10

Issue

Section

Articles