PELAKSANAAN MANAJEMEN IKLIM BUDAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DI SEKOLAH LUAR BIASA

Authors

  • Ayi Najmul Hidayat Universitas Islam Nusantara
  • Kingking Mutaqien Universitas Islam Nusantara
  • Gatot Yusuf Effendi Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v5i2.877

Keywords:

Manajemen, Iklim, Budaya Sekolah, Karakter

Abstract

Peningkatan karakter di setiap sekolah harus sudah menjadi prioritas utama. Peningkatan karakter siswa dapat dilakukan melalui kegiatan sekolah. Dengan berbagai pengaruh perkembangan teknologi pada saat ini, tentu saja akan semakin sulit dalam meningkatkan karakter siswa. Tujuan pembahasan ini adalah menguraikan bagaimana melakukan manajemen iklim budaya sekolah dalam meningkatkan karakter di SLB. Oleh karena itu, dalam pembahasan ini akan menguraikan tentang pelaksanaan manajemen sekolah, persiapan, ukuran keberhasilan, rancangan dan evaluasi pelaksanaan manajemen iklim budaya sekolah dalam meningkatkan karakter di SLB sebagai penerapan hasil penelitian pada beberapa sekolah di tingkat SLTA, SLTP dan Tingkat Dasar. Pembahasan dalam artikel ini sangat didasari oleh hasil penelitian di Madrasyah iftidaiyah Negeri (MIN) Ciawitali, Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat.

References

Gunarto. (2004). Implementasi Pendidikan Budi Pekerti. Jakarta: Raja Grafindo.

Joseph, AK. (2001). Kecerdasan Emosional Pada Peserta Didik. Jakarta. PT Gunung Agung.

Karwati, Euis & Effendi, Gatot Yusuf (2015). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pengelolaan Iklim Budaya Sekolah. (PKSMPISBS). RISTEKDIKTI. Tahun 1

Karwati, Euis & Mulya, Djem Bangun. (2016). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pengelolaan Iklim Sosial Budaya Sekolah (PKSMPISBS). RISTEKDIKTI. Tahun 2.

Megawangi. (2003). Pendidikan Holistik Berbasis Karakter. Jakarta. Pustaka

Mulyasa, Enco. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulya, Djem Bangun & Jayadiputra, Eka (2012).Pengelolaan Lingkungan Sosial Budaya Sekolah Berbasis Karakter(PLSBSBK). DIKTI. Tahun ke 1.

Mulya, Djem Bangun & Hidayat, Ayi Najmul. (2013). Pengelolaan Lingkungan Sosial Budaya Sekolah Berbasis Karakter(PLSBSBK). DIKTI. Tahun ke 2.

Mulya, Djem Bangun & Karwati, Euis. (2014). Pengelolaan Lingkungan Sosial Budaya Sekolah Berbasis Karakter(PLSBSBK). DIKTI. Tahun ke 3.

Muttaqien, Kingking & Effendi, GatotYusuf. (2017). Implementasi Manajemen Iklim Budaya Sekolah Berbasis Karakter (IMIBSBK). RISTEKDIKTI tahun ke 1

Muttaqien, Kingking & Effendi, Gatot Yusuf & Setiasih, Ocih. (2018). Implementasi Manajemen Iklim Budaya Sekolah Berbasis Karakter (IMIBSBK). RISTEKDIKTI tahun ke 2.

Muttaqien, Kingking & Effendi, Gatot Yusuf & Setiasih, Ocih. (2019). Implementasi Manajemen Iklim Budaya Sekolah Berbasis Karakter (IMIBSBK). RISTEKDIKTI tahun ke 3.

Downloads

Published

2020-07-10

Issue

Section

Articles