KARAKTERISTIK KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) YANG MEMUAT ASPEK PENGEMBANGAN MORAL, SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK

Angger Saloko, Dianti Yunia Sari, Jeffry Novrizar

Abstract


Bentuk pendidikan prasekolah tentunya disesuaikan dengan karakteristik anak, tahapan usia perkembangan serta hakikat pembelajarannya. Melalui bermain anak dapat mengintegrasikan dan mengembangkan kemampuannya. Dalam kegiatan bermain tersebut tentunya mengacu pada karakteristik kurikulum atau program pendidikan. Dalam implementasinya di lapangan, kurikulum dikemas dengan berbagai kegiatan pembelajaran. Melalui permainan anak akan mendapatkan pengalaman belajar, Pengalaman belajar pada anak tentunya tidak hanya mengoptimalkan lingkup perkembangan anak, tetapi juga menekankan pada perubahan perilaku. Perkembangan moral, sosial dan emosional anak merupakan bagian dari enam lingkup perkembangan anak. Secara utuh tersusun dalam standar tingkat pencapaian perkembangan anak yang merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi perkembangan anak mencakup aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni. Kesimpulan umum yang didapatkan yaitu karakteristik kurikulum tingkat satuan pendidikan Langgeng Garjita sudah memuat pengembangan sosial, moral dan emosional anak dimana terlihat dalam struktur kurikulum, tujuan, visi dan misi yang merujuk pada karakter belajar anak usia dini yaitu melalui bermain dan permainan.


Keywords


Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Perkembangan Anak

Full Text:

Untitled

References


Khaeruniah, Ade Een. 2013. A Teacher Personality Competence Contribution To A Student Study Motivation and Discipline To Fiqh Lesson. International Journal of Scientific and Technology Research Vol. 2 Issue 2.

NCRL (North Central Regional Education Laboratory), Metacognition, http://www.ncrl.org/sdrs/areas/issues/students/learning /lr1metn.htm diakses tanggal 17 Februari 2014.

Sujiono, Yuliani Nurani (2011) . Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Suyadi (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian. Neurosains, Bandung: Rosda.

Syaodih, Ernawulan. (2004). Bimbingan di Taman Kanak-kanak. Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Bagian Proyek Peningkatan Pendidikan. Tenaga Kependidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30999/jse.v4i1.407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indeksasi :

 

Flag Counter

Creative Commons License

web
analytics View My Stats