PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN MATA KULIAH PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ABK PADA MAHASISWA PRODI PLB FKIP UNINUS BANDUNG

Ayi Najmul Hidayat, Kingking Mutaqien

Abstract


Penerapan nilai-nilai karakter melalui pembelajaran sangat memungkinkan untuk dilakukan oleh dosen PLB FKIP Uninus Bandung, terutama mata kuliah pertumbuhan dan perkembangan ABK karena bahan yang diajarkan dapat dihubungkan dengan nilai-nilai karakter. Tujuan penelitian ini untuk  memperoleh  gambaran penerapan nilai-nilai karakter melalui mata kuliah pertumbuhan dan perkembangan ABK pada mahasiswa Prodi PLB FKIP Uninus Bandung. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif sedangkan metodenya studi kasus. Respondennya adalah dosen dan mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan melalui penggunaan pedoman wawancara dan observasi. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan nilai-nilai karakter pada pembelajaran dimulai, dosen memahami dan mengidentifikasi nilai-nilai karakter mahasiswa yang menunjang keberhasilan dalam hidupnya melalui tugas yang ditulis mahasiswa. Kemudian mengembangkannya pada pembelajaran dengan memberikan contoh-contoh materi mata kuliah yang berkaitan dengan nilai-nilai karakter. Penerapan nilai-nilai karaker dikembangkan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran mata kuliah pertumbuhan dan perkembangan ABK. Setiap mahasiswa diberi kesempatan berkonsultasi untuk lebih mengembangkan nilai-nilai karakternya.


Keywords


Penerapan nilai-nilai karakter; Anak Berkebutuhan Khusus

Full Text:

Untitled

References


Culberston. (1982). Character education: Teaching values for life. Chicago:Science Research Associates. Inc.

Gunarto. (2004). Implementasi pendidikan budi pekerti. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hidayat, A. S. (2011). Manajemen sekolah berbasis karakter. Disertasi. Bandung. Sekolah Pascasarjana UPI. Tidak diterbitkan.

Lickona, S. & Lewis. (2003). Moral education: character, community, and ideals. Philadelphia: Temple University Press.

Mulya, D. B. & Jayadiputra, Eka. (2012). Pengelolaan sosial budaya sSekolah berbasis karakter (PLSBSBK) di SMAN 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Laporan Akhir Penelitian Dikti. Jakarta. Tidak diterbitkan.

Mulya, D. B. & Hidayat, A. N. (2013). Pengelolaan sosial budaya sekolah berbasis karakter (PLSBSBK) di SMKN 4 Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Laporan Akhir Tahun Penelitian Dikti. Jakarta. Tidak diterbitkan.

Mulya, D.B. & Karwati, E. (2014). Pengelolaan lingkungan sosial budaya sekolah berbasis karakter (PLSBSBK) di MAN 1 Cililin Kabupaten Bandung Barat. Laporan Akhir Tahun Penelitian Dikti. Jakarta. Tidak diterbitkan.

Karwati, E. & Efendi, G. Y. (2015). Pengembangan karakter siswa melalui pengelolaan iklim sosial budaya sekolah (PKSMPISBS) di SMPN 2 Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Laporan Tahun Terakhir Penelitian Dikti. Jakarta. Tidak diterbitkan.

Superka, D.P. (2006). A Typology of valuing theories and values education approaches. Doctor of Education Dissertation. University of California, Berkeley.




DOI: http://dx.doi.org/10.30999/jse.v4i1.401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indeksasi :

 

Flag Counter

Creative Commons License

web
analytics View My Stats