PENGEMBANGAN MEDIA SOSIALISASI PENDIDIKAN TENTANG KESULITAN BELAJAR SPESIFIK BAGI GURU-GURU DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ranti Novianti Universitas Negeri Malang
  • Maudy Rengganis Universitas Islam Nusantara
  • Suciati Pandua Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v8i1.2278

Keywords:

Kesulitan Belajar Spesifik, Pengembangan, Media Sosialisasi

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mengembangkan media sosialisasi pendidikan tentang kesulitan belajar khusus bagi guru di sekolah dasar. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode (Design Based Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data ini adalah dengan melakukan studi telaah terhadap buku-buku referensi dan literatur yang ada kaitannya dengan masalah yang akan dipecahkan. Penelitian ini berupa pengembangan media sosialisasi pendidikan yang kemudian divalidasi oleh para ahli atau praktisi yang berkompeten di bidangnya. Hasil dari penelitian ini adalah film animasi edukasi tentang kesulitan belajar tertentu yang telah tervalidasi dan layak digunakan sebagai media sosialisasi mandiri yang dapat digunakan dimana saja dan kapan saja oleh guru.

References

Adoyo, P O. (2007). Educating Deaf Children In An Inclusive Setting In Kenya: Challenges And Considerations. Electronic Journal For Inclusive Education, 2(2).

Agustin. Ina. (2019). Permasalahan Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi di SDN Se Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Else (Elementary School Education Journal).

Atmojo, Setyo Eko., Lukitoaji, Beny Dwi., & Noormiyanto, Faiz. (2020). Pelatihan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Guru Sekolah Dasar Rujukan Inklusi. Jurnal Abdimas BSI.

Fletcher, Jack M., Lyon, G. Reid., Fuchs, Lynn S., & Barnes, Marcia A. (2007). Learning Disabilities From Identification To Intervention. E-Book Of New York, London : The Guilford Press.

Flanagan, Dawn P., & Alfonso, Vincent C. (2010). Essentials Of Spesific Learning Disability Identification. E-Book Of John Wiley & Sons, Inc.

Grant, Gordon., Goward, Peter., Richardson, Malcolm., & Ramcharan, Paul. (2005). Learning Disability A Life Cycle Approach To Valuing People. E-Book Of The British Library.

Lubis. (2019). Melacak Kesulitan Anak Saat Belajar Perspektif Psikologi. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, Jakarta: Cita Pustaka Perintis,

Mcdevitt, Teresa M., & Ormrod, Jeanne E. (2008). Fostering Conceptual Change About Child Development In Prospective Teachers And Other College Students. Child Development Volume 2, Number 2, Pages 85–9.

Meltzer, Lynn., & Krishnan, Kalyani. (2007). Executive Function In Education : From Theory To Practice. E-Book Of New York, London : The Guilford Press.

Khairiyah, Karunia Yulinda., Lestari, Tri., Dianasari, Eka Lenggang., & Wisma, Nur. (2019). Pelatihan Kompetensi Guru Sekolah Inklusif Dalam Pemahaman Anak Berkebutuhan Khusus di Kabupaten Karimun. Jurnal Pendidikan Minda.

Koswara, Deded. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Berkesulitan Belajar Spesifik. PT Luxima Metro Media.

Obrenović, Željko. (2011). Design-Based Research: What We Learn When We Engage In Design Of Interactive Systems. Book: Feature, Eindhoven University Of Technology.

Purwanti, Budi. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan.

Wong, Bernice. (2004). Learning About Learning Disabilities. E-Book Of Sandiago, California: Elsevier Academic Press.

Swanson, H. Lee., Harris, Karen R., & Graham, Steve. (2006). Handbook Of Learning Disabilities. E-Book Of New York, London : The Guilford Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta Revisi III.

Subasno, Yohanes. (2016). Pendidikan Inklusif Untuk Mengakomodasi Keragaman Peserta Didik Dalam Rangka Pembangunan Manusia Indonesia. Seminar Nasional Psikologi: Membangun Manusia Yang Holistik Dan Kebinekaan.

Suryani, Yulinda Erna. (2010). Kesulitan Belajar. Magistra No.73.

Taylor, Amber E. B. (2014). Diagnostic Assessment Of Learning Disabilities In Childhood Bridging The Gap Between Research And Practice. E-Book Of Springer New York Heidelberg Dordrecht London.

Downloads

Published

2022-09-27

Issue

Section

Articles