EVALUASI PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS IV SDLB DI SLB MUHAMMADIYAH CIPARAY KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Hendri A Qohar Universitas Islam Nusantara
  • Ahmad Mugni Almarogi Universitas Islam Nusantara
  • Lulu Aulia Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v8i1.2275

Keywords:

Evaluasi Pembelajaran, Pengembangan diri, Anak Tunagrahita.

Abstract

Anak tunagrahita sedang memiliki kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-harinya, hal tersebut menjadikan perlunya evaluasi pembelajaran pengembangan diri mengenai aspek tersebut yang tepat yang akan memudahkan dalam memberikan intervensi yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran pengembangan diri anak tunagrahita sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan belajar pengembangan diri anak tunagrahita sedang memiliki kemampuan yang berbeda-beda, mengenai pelaksanaan pembelajaran dilakukan mencakup tahapan-tahapan dalam pembelajaran pengembangan diri mengenai aktivitas sehari hari yang difokuskan dalam aktivitas merawat diri yang mencakup makan, minum,dan kebersihan badan, bentuk evaluasi pembelajaran yang digunakan yaitu asesmen mengenai pembelajaran pengembangan diri mengenai aspek tersebut dengan hasil yang diperoleh yaitu buku panduan evaluasi pembelajaran serta menghasilkan data responden setelah dilaksanakannya evaluasi yang menunjukkan hasil yang berbeda-beda kemampuan responden kesatu menunjukkan hasil yang baik, responden kedua menunjukkan hasil yang cukup baik, dan responden ketiga menunjukkan hasil yang kurang baik, sehingga kebutuhan belajar yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan setiap responden.

References

Astati. 2011. Bina Diri Untuk Anak Tunagrahita. Bandung: AMANAH OFFSET.

Astati. 2015. Bina Diri Untuk Anak Tunagrahita. Bandung: AMANAH OFFSET.

Astati dan Lis Mulyati. 2015. Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung: AMANAH OFFSET.

Amin, Mohammad. 1995. Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdikbud.

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriyah, Qonitah Faizatul. 2020. Intervensi Guru Dalam Mengajarkan Daily Living Skills Pada Anak down Syndrome. Jurnal Pendidikan Anak Vol 6 (1) hl. 41-54. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Istiqomah, Annisa. 2019. Pelaksanaan Pembelajaran Activity Of Daily Living Bagi Anak Dengan Hambatan Majemuk. Jurnal Widia Ortodidaktika. Vol.(8) No.7 hl.723-724. Universitas Negri Jogjakarta.

Komsiyah, Indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

L, Idrus. 2018. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Managemen Pendidikan Islam,. Vol. (9) No.2 hlm. 921.

Mannix, D. 2009. Life Skills Activities For Secondary Students With Special Needs Second Editon.Jossey: Bass.

Munpuniarti. 2007. Pendekatan Pembelajaran Bagi Anak Hambatan Mental. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Tjutju Soendari dan Euis Nani. 2015. Asesmen Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: AMANAH OFFSET.

Undang-Undang RI No 2 tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wardani, I.G.A.K. 2013. Pengantar Anak Berkebutuhan Khusus. Banten: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2022-09-27

Issue

Section

Articles