PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN MENCUCI PERALATAN MAKAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN JENJANG SMA LB

Authors

  • Emay Mastiani Universitas Islam Nusantara
  • Dwi Endah Pertiwi Universitas Islam Nusantara
  • Eva A Wahidah Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v8i1.2273

Keywords:

Pengembangan Program, Pembelajaran mencuci peralatan makan, Anak Tunagrahita Ringan

Abstract

Memerlukan Program Pembelajaran mencuci peralatan makan yang digunakan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Yakalimu  Wanayasa memerlukan penambahan di beberapa aspek. Hal ini perlu dilakukan karena disesuaikan dengan kebutuhan lapangan, dalam hal ini di Rumah Makan Saung Panuju sebagai tempat Anak Tunagrahita melalukan pembelajaran melalui magang.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk Pengembangan Propgram Pembelajaran mencuci piring melalui magang di Rumah Makan, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, diskusi terpumpun, dan validasi. Subjek penelitian terdiri dari 1 (satu) orang Guru Keterampilan  dan 3 (tiga) orang anak tunagrahita kelas XI. Hasil penelitian diperoleh pengembangan program yang dilandasi atas kebutuhan di lapangan di mana program sebelumnya pembelajaran mencuci peralatan makan hanya dilakukan di Sekolah, dalam Program pembelajaran hasil pengembangan pembelajaran keterampilan mencuci peralatan makan di lakukan di Rumah Makan saung Panuju. Tujuannya agar anak tunagrahita dapat secara langsung mempelajari situasi yang nyata manfaatnya Ketika nanti bekerja di tempat tersebut anak tunagrahita sudah terbiasa. Rekomendasi bagi Sekolah adanya Kerjasama dengan pihak pemilik usaha agar lulusan Sekolah tersebut dapat memilki peluang pekerjaan setelah lulus.

References

Adim, Abdul. (2017). Pembentukan Tanggung Jawab Kerja Siswa Tunagrahita Paska Sekolah Sebagai Cleaning Service “Studi Etnografi SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang”. Jurnal penelitiian dan pengembangan pendidikan luar biasa.

Anggito, Albi & Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak

Arikunto. (2010). Metode Penelitian. Universitas Pendidikan Indonesia.

Astati. (2015). Bina Diri Untuk Anak Tunagrahita. Bandung: Amanah Offset.

Astati. (2008). Menuju Kemandirian Anak Tunagrahita (Pengayaan) Bandung: UPI

Astati & Mulyati, Lis. (2015). Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung: Amanah Offset.

Haryanto. (2010). Rehabilitasi Berbasis Kerja Bagi Siswa Tunagrahita Ringan Usia Produktif. Jurnal pendidikan khusus.

Ishartiwi. D. M. P. (2010). Pembelajaran Keterampilan Untuk Pemberdayaan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus.Dinamika Pendidikan Majalah Ilmu Pendidikan UNY No. 02/Th.XVII/Oktober 2010

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Pedoman Pengembangan Diri Untuk Peserta Didik Tunagrahita. Jakarta: Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

Lisinus, Rafael & Pastiria Sembiring. (2020). Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus: Sebuah perspektif bimbingan dan konseling.Yayasan Kita Menulis

Purwanta, Edi. (2012). Upaya Menigkatkan Eksplorasi Karier Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Psikopedagogia.

Soendari, Tjutju, dkk. (2015). Pembelajaran Kreatif Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: CV. Amanah Offset

Downloads

Published

2022-09-27

Issue

Section

Articles