EFEKTIVITAS TEKNIK TOKEN EKONOMI UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF ANAK MDVI DI SLB NEGERI KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Fajar Indra Septiana Universitas Islam Nusantara
  • Ahmad Barnas Universitas Islam Nusantara
  • Neneng Nur Azizah Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v7i2.2098

Keywords:

Anak berkebutuhan khusus, Tunanetra, Token ekonomi, Modifikasi Perilaku, Multiple Disable with Visual Impairments.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari teknik token ekonomi terhadap penurunan perilaku agresif pada anak dengan Multiple Disable with Visual Impairments (MDVI). Perilaku agresif anak MDVI menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi para pendidik. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang peserta didik di SLBN Kabupaten Bandung barat dengan kondisi MDVI yaitu austis & tunanetra. Perilaku agresif yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah sering memukul diri sendiri jika keinginanya tidak dikabulkan, memukul teman yang sedang menangis, mengejar teman yang menangis atau berteriak sampai mendapatkanya dan memukulnya. Selama proses penelitian, pada fase intervensi diterapkan teknik token ekonimoi terhadap kedua subjek. Hasilnya, perilaku agresif yang ditunjukkan oleh kedua subjek mengalami perubahan ke arah penurunan dari aspek intensitas, frekuensi, durasi, dan topografi hingga berlangsung pada fase baseline 2 (A’). Tren penurunan perilaku agresif memang tidak signifikan terjadi, namun dapat menjadi bukti bahwa teknik token ekonomi dapat dikatakan cukup efektif dalam menurunkan perilaku agresif anak MDVI.

References

Fahrudin Adi. 2012. Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Handayani, Da’ina Tri, Hidayah, Nurul. 2014. Pengaruh Token Ekonomi untuk Mengurangi Agresivitas pada Siswa TK. Yogyakarta: Jurnal Empathy Vol. 2 No. 2.

Heward, William L., R. Alber-Morgan, Sheila & Konrad, Moira. 2016. Exceptional Children_An Introduction to Special Education. New York: Pearson.

Hosni, Irham. 2011. Anak dengan kelainan Majemuk. Bandung: Respositori Universitas Pendidikan Indonesia.

Indrijati, H. 2009. Efektivitas Metode Modifikasi Perilaku "Token Economy" dalam Proses Belajar Mengajar di kelas. Jurnal Psikologi Indonesia, 5(1), 43-54.

Katri Huutoniemi, Julie Thompson Klein, Henrik Bruun, Janne Hukkinen. 2010. Analyzing interdisciplinarity: Typology and indicators. Online: Research Policy, Volume 39, Issue 1, February 2010, Pages 79-88.

Mangunsong, Frieda. 1998. Psikologi dan Pendidikan Anak Luar Biasa. Jakarta: LPSP3 UI.

Miltenberger, Raymond, G. 2015. Behavior Modification - Principles and Procedures. Boston: Cengage.

Mirnawati. 2019. Anak Berkebutuhan Khusus "Hambatan Majemuk". Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Nihayati, H. E. 2015. Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa/Ah. Yusuf, Rizky Fitryasari PK, Hanik Endang Nihayati. Jakarta: Salemba Medika.

Purwanta, Edi. 2015. Modifikasi Perilaku – Alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soekadji, Soetarlinah. 1983. Modifikasi Perilaku – Penerapan Sehari-hari dan Penerapan Profesional. Yogyakarta: Liberty.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sunanto, Juang. 2005. Potensi Anak Berkelainan Penglihatan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2022-07-15

Issue

Section

Articles