INSTRUMEN ASESMEN BAHASA RESEPTIF UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK AUTIS DI SLB CAHAYA FAJAR KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Indiah Wisjnu Sulistyorini Universitas Islam Nusantara
  • Sania Nur Hanipah Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30999/jse.v7i2.2095

Keywords:

Instrumen asesmen, Bahasa reseptif, Autis

Abstract

Autis mengalami beberapa gangguan salah satunya adalah gangguan bahasa. Dalam penyusunan pembelajaran bahasa bagi anak autis, asesmen penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan, hambatan dan kebutuhan bahasa anak autis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun instrumen asesmen bahasa reseptif untuk mengetahui kemampuan bahasa anak autis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan strategi pengumpulan data studi literatur dan studi Delphi. Penelitian ini menghasilkan instrumen asesmen bahasa reseptif untuk mengetahui kemampuan bahasa autis yang memuat tiga aspek dalam bahasa reseptif yaitu bahasa reseptif tingkat dasar, bahasa reseptif tingkat menengah dan bahasa reseptif tingkat lanjutan. Hasil uji coba instrumen asesmen bahasa reseptif dapat digunakan dan cukup menggambarkan kondisi anak autis yang sesungguhnya.

References

Ali, Gangsar. (2018). Manajemen Pendidikan Khusus di Sekolah Luar Biasa Untuk Anak Autis. (vol. 5)

Dhieni, Nurbiana. (2015). Materi Pokok Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang: Universitas Terbuka.

Familia, M.T. (2014). Psikologi Anak Autis. Yogyakarta: Familia Pusaka Keluarga.

Fatimah, Lulu. (2012). Pelaksanaan Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Dan Bahasa Ekspresif Anak Tunarungu Kelas Tk 1 a Studi Deskriptif Di Lpatr Pangudi Luhur. Kembangan Jakarta Barat: Jurnal Pendidikan Khusus.

Fatwikiningsih, Nur. (2014). Meningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Berkomunikasi Dengan Gambar Pada Anak Dengan Ciri Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Malang: Universitas Muhammadiyah.

Handoyo. Y. (2012). Autisme pada Anak. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.

Luluk, A.A. (2016). Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Kelompok A Gugus V Kecamatan Berbahasa. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Margono, S. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan,Rineka. Jakarta: Cipta.

Marienzi, Rani. (2012). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Melalui Metode Multisensori Bagi Anak Autis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus.

Marlina. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan khusus (Pendekatan Psikoedukasional. Padang: Unppress.

Maurice, Catherine. et al. (1996). Behavioral Intervention for Young Children with Autism : A Manual for Parents and Professionals. Texas : PRO-ED, Inc.

Mifzal, Abiyu (2012). Anak Autis Berprestasi Panduan Tepat Mendidik Anak Autis. Yogyakarta: Familia Pustaka Keluarga.

Sumaryanti, Lilis. (2017). Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Pgmi Di Universitas Muhammadiyah. Ponorogo.

Wulandari, I.A.H.K., Astini P.S.N & Utami, C.H. (2012). Sistem Pakar Diagnosa Autisme Pada Anak.

Downloads

Published

2022-07-15

Issue

Section

Articles